Connect with us

Ekonomi Kreatif

Festival Reog Ponorogo Diharapkan Bisa Menjadi Event Skala Internasional

Published

on

JAYAKARTA NEWS, PONOROGO – Festival Reog Ponorogo ke-7 tahun 2022 berlangsung sejak 25 – 29 Juli 2022  di Aloon – Aloon Ponorogo, Jawa Timur. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Grebeg Suro sekaligus hari jadi Kabupaten Ponorogo ke-526.

Festival Reog Ponorogo mendapat respon yang baik dari sanggar kesenian Reog di berbagai kota di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya peserta festival yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain DKI Jakarta, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta, Jember, Malang, Madiun, Magetan, Mojokerto, Gresik, dan sebagainya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap perhelatan Festival Reog Ponorogo ini bisa menjadi event bertaraf internasional, sehingga bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan pelaku parekraf di Ponorogo dan sekitarnya.

Menparekraf Sandiaga saat hadir dalam acara Festival Reog Ponorogo 2022,  Rabu (27/7) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Ponorogo atas suksesnya mengantarkan Festival Reog Ponorogo 2022 masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

“Mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan dan terus diperbaiki sehingga bisa menjadi event international di masa yang akan datang,” kata Menparekraf.

Dalam mendorong Festival Reog Ponorogo sebagai event international, Kemenparekraf memberikan dukungan untuk mendaftarkan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda yang diusulkan Indonesia ke UNESCO. Sekaligus mengajukan Ponorogo sebagai UNESCO Creative Cities Network.

“Tahun ini kita akan persiapkan Ponorogo menjadi bagian dari yang akan kita usulkan kepada UNESCO Creative Cities Network, setelah itu akan kita coba lagi agar reog juga bisa didorong sebagai warisan budaya tak benda. Karena bagi kami kalau Ponorogo masuk UCCN ini luar biasa, karena penilaiannya sangat detail. Dan begitu masuk event-event, wisatawan mancanegara akan ke sini, terlebih karena ini bisa menjadi jaringan dari kota-kota kreatif UNESCO,” ujarnya.

Indonesia sendiri dikatakan Menparekraf memiliki ribuan warisan budaya yang luar biasa, ada 1.239 warisan budaya tak benda, salah satunya seni pertunjukan reog, yang menjadi daya tarik wisata pembangkit ekonomi.

“Kita tentu tidak ingin jika kekayaan budaya kita diakui oleh bangsa lain. Karenanya saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut andil menjaga dan melestarikan Reog Ponorogo ini agar menjadi kebanggaan dan warisan budaya yang diakui oleh dunia,” katanya.

“Dan melalui Reog Ponorogo kita kembangkan bagaimana peluang usaha dan lapangan kerja diciptakan seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Pertunjukan Reog memadukan tarian, keterampilan olah tubuh dan cerita Panji, yang terdiri dari penari, pengrawit (pemain musik), serta pengiring. Daya tarik utamanya adalah salah satu penari utama menggunakan topeng terbesar di dunia berbentuk kepala harimau (barongan) dipadu dengan sebuah mahkota terbuat dari bulu merak (Dhadhak Merak) yang berat keseluruhan kurang lebih 40 kg.

“Menurut saya ini adalah sebuah bukti konkret bawa reog adalah milik Ponorogo dan reog adalah seni kebudayaan kita. Semoga melalui pelaksanaan Festival reog Ponorogo 2022 ini dapat memberikan suatu semangat dan optimisme kepada pelaku parekraf di kabupaten Ponorogo,” kata Sandi.

Bupati Ponogoro, Sugiri Sancoko mengatakan sudah dua tahun ini Gerebeg Suro dinantikan oleh masyarakat, kerinduan ini membahana, kami mencoba merangkul kekuatan bahkan dua kekuatan sekaligus, yakni kekuatan budaya dan santri, karena Ponorogo adalah kotanya para santri. Kedua kekuatan ini kami tuangkan ke dalam sebuah orkestra yang bersatu padu dalam Grebeg Suro.

“Ada hampir 52 kegiatan yang menyangkut hobi juga kami libatkan ada festival reog mini, festival reog umum, kemudian festival gajah-gajah dan masih banyak rangkaian acara lainnya dalam Grebeg Suro, ini menafsirkan bahwa kami sebentar lagi siap menuju CCN (Creative Cities Network) yang Menparekraf bantu. Mudah-mudahan ke depan Ponorogo ini benar benar menjadi kota kreatif,” katanya.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani Mustafa; Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham; dan Direktur Pemasaran BOB, Agus. Hadir pula Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita dan jajaran pemerintah daerah di Kabupaten Ponorogo.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *