Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Edwin Manansang: Indonesia Kuasai 40% Pasar Ekonomi Digital ASEAN

Published

on

Dr. Rizal Edwin, Ak., M.Sc, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian bicara capaian ekonomi digital Indonesia tahun pada 2022. (Foto: Kemenko Bid. Perekonomian)

JAYAKARTA NEWS – Indonesia tahun 2022 lalu sukses menguasai sekitar 40 persen dari pasar ekonomi digital ASEAN dengan total nilai 194 miliar dolar Amerika Serikat (AS), kata Rizal Edwin Manansang Staf Ahli di Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Bidang Perekonomian.

Pernyataannya ini disampaikan Rizal Edwin dalam Indonesia Retail Summit (IRS) 2023, yang diadakan di Jakarta pada Senin (14/8/2023).

Perkembangan tersebut, termasuk adanya e-Commerce dan platform perdagangan online, turut merubah lanskap ritel di kawasan ASEAN.

Edwin menambahkan bahwa peningkatan penetrasi internet dan penggunaan smartphone telah mendorong pertumbuhan perdagangan elektronik dengan cepat, yang pada akhirnya menciptakan peluang bisnis baru bagi para pengusaha dan pelaku bisnis di wilayah tersebut.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi yang stabil di negara-negara ASEAN juga memberikan dampak pada perkembangan sektor ritel. Beberapa negara, seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, Kamboja, Singapura, dan Indonesia, berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 3,8 hingga 8,7 persen, yang melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,1 persen.

Indonesia juga berperan penting dalam membentuk kerja sama perdagangan internasional yang memiliki dampak signifikan, melalui kesepakatan seperti ASEAN Free Trade Area dan Comprehensive Economic Partnership Agreements (CEPA) dengan negara mitra dagang. Sebagai proyeksi ke depan, ekonomi digital Indonesia diharapkan mencapai 150 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp2.333 triliun pada tahun 2025. Keberhasilan ini berpotensi menjadi instrumen yang dapat membantu memulihkan perekonomian nasional. (sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *