Coworking Space: Nyaman, Anti-Macet dan Kekinian

 Coworking Space: Nyaman, Anti-Macet dan Kekinian

BELAKANGAN marak komunitas start up business di Indonesia. Banyak profesional muda, bekerja dengan perangkat laptop di luar lingkungan kantor. Selain orang kantoran, para pelaku bisnis start up pun mulai merasakan kebutuhan akan tempat bekerja yang nyaman dan tidak harus bermacet-macet di jalanan.

Tak heran jika beberapa tahun terakhir, para profesional muda lebih memilih datang ke sebuah coworking space. Di tempat inilah, mereka bisa bekerja dengan nyaman, homey, bahkan bisa berkolaborasi dengan para profesional lain dari berbagai bidang keahlian dan bisnis. Tak heran, jika belakangan bermunculan coworking space di kota-kota besar di Indonesia. Hingga terbentuklah sebuah perkumpulan coworking space bernama Coworking Indonesia.

Coworking Indonesia melihat betapa banyak manfaat coworking space. Terutama untuk para pelaku start-up, freelancer, profesional, perusahaan-perusahaan yang menempatkan staff-nya. Coworking space sudah menjelma menjadi elemen penting dalam ekosistem kewirausahaan.

Untuk menularkan “virus” coworking space ini menjadi sebuah kebutuhan, Coworking Indonesia menggandeng BRI menggagas event COWORKFEST 2017, dengan tujuan memperkenalkan ke masyarakat yang lebih luas tentang apa itu coworking space.

“Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengenal coworking space, hanya sebagai tempat kerja. Melalui COWORKFEST, harapannya masyarakat bisa lebih paham bahwa di sana ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan seperti workshop, sharing, talk show, sehingga kita bisa berkomunitas, berkolaborasi, dan saling terhubung satu sama lain,” jelas Andi Saptari, selaku Ketua COWORKFEST 2017 Presented by BRI.

“Komunitas Coworking Space merupakan suatu tren baru di kalangan technopreneur (pelaku usaha rintisan/ start-up) dan generasi millenial. Dengan menyediakan fasilitas untuk berkumpul, berkomunikasi serta sharing experience, para komunitas dengan kompetensi yang dimiliki telah berbagi ilmu sehingga terbentuk suatu ekosistem yang saling menguntungkan. Dengan demikian, hal ini ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Visi inilah yang dilihat BRI selaras dengan visi yang dimiliki oleh BRI untuk mendorong industri kecil (UMKM) dan ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Bapak Kaspar Situmorang, EVP Digital Center of Excellence BRI.

Sekilas Tentang Coworking Indonesia. Coworking Indonesia adalah komunitas untuk para pembangun dan penggerak komunitas (community of community builders) dengan tujuan utama membangun pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia lewat gerakan coworking. Perkumpulan ini juga akan menjadi pool of resources, sumber keahlian, pengalaman, tools yang bisa diakses oleh pelaku coworking supaya bisa lebih melalui kolaborasi, keterhubungan dan saling berbagi dan mendukung ekonomi kreatif melalui program kewirausahaan. ***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *