Connect with us

Kabar

Corona Dalam Puisi Sastra Bulan Purnama

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Beberapa penyair Yogya,  dari kalangan usia yang berbeda, dan menulis puisi dari tahun yang berbeda, akan tampil di Sastra Bulan Purnama edisi 110. Mereka antara lain yang menulis puisi sejak 1980-an seperti Joko Pinurbo dan Ons Untoro, dan penyair muda lain, yang menulis puisi sejak era sesudah tahun itu. Di antaranya, Anes Prabu Sadjarwo, Nunung Deni Puspitasari, Tedi Kusyairi, S.Arimba, dan Umi Kulsum.

Sastra Bulan purnama selama pandemi covid 19, masih dalam format Poetry Reading From Home, dan kali ini sudah masuk seri 9, disiarkan secara live di youtube Sastra Bulan Purnama, Senin 2 November 2020, pukul 19.30 WIB. Para penyair merespon virus corona yang belum punah, dan masing-masing menyajikan kisah yang berbeda-beda dalam menanggapi virus corona. Puisi menjadi media untuk menyampaikan kisah tersebut.

Selain para penyair, yang namanya sudah disebut di atas, ada nama-nama lain, yang akan ikut tampil membaca puisi, ialah Latief S.Nugroho, Mirna Radila, Refinda Lestalinda, Sindi Novitasari. Ada juga pembaca tamu, yang akan membacakan puisi karya Umi Kulsum, yaitu Hj.Sri Suryawidati, dan dua pembaca tamu Rita Ratnawulan (Jakarta), M.M. Suwarni (Magelang) akan membacakan puisi karya Ons Untoro. Tidak ketinggalan, Doni Onfire akan melagukan 2 puisi melalui kelompok, yang diberi nama ‘Kawan Doni’.

Virus Corona, atau sering disebut covid 19 sudah sejak bulan Maret 2020 diberitakan mulai masuk Indonesia, dan pada bulan itu berbagai aktivitas dihentikan karena tidak boleh ada kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Karena virus corona mudah menyebar melalui kerumunan, atau kontak dengan orang yang sedang terjangkit covid 19.

Sastra Bulan Purnama (SBP), yang biasanya diselenggarakan di ruang terbuka dan mengundang orang untuk hadir, dan bisa sampai 100 orang bahkan lebih, melihat pertunjukan Sastra Bulan Purnama, dan juga sering hanya 50-an orang yang hadir, artinya SBP dalam aktivitasnya selalu mengumpulkan banyak orang.

“Bulan April 2020, Sastra Bulan Purnama tidak lagi mengumpulkan banyak orang secara langsung seperti biasanya. Untuk menjalankan aktivitasnya, agar SBP tidak berhenti, akhirnya dipindah di ruang digital dengan mengambil ruang di youtube dan disiarkan secara live, dan formanya disebut Poetry Reading From Home,” ujar Ons Untoro, koordinator Sastra Bulan Purnama.

Selama pandemi covid 19, yang sudah berlangsung selama 8 bulan dihutung sejak mulai bulan Maret 2020, Sastra Bulan Purnama yang agedanya selama 1 tahun sudah disusun sejak akhir bulan 2019, tetap terus berjalan, hanya formatnya yang diubah. Berkerumunannya dihilangkan, tetapi proses pembacaan puisi terus berjalan, dan dari kota-kota yang berbeda, para penyair tampil membaca puisi dari rumah masing-masing.

“Karena disiarkan secara live, siapa saja yang melihat bisa saling berinteraksi melalui chat,” ujar Ons Untoro.

Para penyair yang kali ini tampil di Sastra Bulan Purnama, beberapa di antaranya pernah membaca puisi di Sastra Bulan Purnama, dan beberapa yang lain belum, meskipun hadir melihat pertunjukan Sastra Bulan Purnama. Masing-masing penyair akan membacakan satu atau dua puisi, atau mungkin ada yang 3 puisi. Ada yang membaca puisi diolah  seolah seperti sebuah film, dengan menyajikan visual, untuk memberikan imajinasi kata-kata dalam puisi yang dibacakan.

Yuladi, yang menangani IT Tembi Rumah Budaya, akan mengolah visual pembacaan puisi menjadi satu pertunjukan yang menarik, seperti selama ini, dalam setiap bulan ia melakukannya untuk Sastra Bulan Purnama. (*/rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *