Connect with us

Kabar

Cegah Longsor, YPI dan CRS Tanam Ribuan Pohon Ekonomis Berfungsi Konservasi

Published

on

JAYAKARTA NEWS—Yayasan Pusaka Indonesia (YPI)-CRS dan Kelompok Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang berada di enam desa di dua kabupaten antara lain, Kabupaten Sigi, di Desa Bolapapu, Namo, Salua, Kec. Kulawi dan Desa Tuva Kec. Gumbasa, dan Kabupaten Donggala, di Desa Loli Tasiburi, Kec. Banawa, satu Kelurahan Kabonga Besar Kec. Banawa di Provinsi Sulawesi Tengah, telah melakukan mitigasi bencana pada 5-15 September 2020, dengan menanam 20.150 bibit pohon yang memiliki nilai ekonomis dan berfungsi konservasi.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pengurangan risiko bencana serta upaya kesiapsiagaan di desa dalam menghadapi situasi bencana dan diharapkan menjadi sumber pendapatan masyarakat di masa depan yang berorientasi pada konservasi,” ungkap Koordinator Program YPI-CRS, Marjoko melalui WhatsApp Jayakarta News, Rabu (16/9/2020)

Pohon-pohon ini akan ditanam d idaerah ancaman longsor dan banjir, untuk Desa Bolapapu, Namo, Salua dan Tuva, Kabupaten Sigi jenis tanaman yang diberikan berupa bibit durian montong sebanyak 8.950 pohon. Sedangkan Desa Loli Tasiburi dan Kabonga Besar Kabupaten Donggala sebanyak 6.700 dengan jenis bibit pohon mangga, pala, asam dan kemiri.

Untuk ketahanan pangan Kelompok PRB di enam desa juga berinisiatif menanam tanaman ubi kayu dan pisang sebanyak 4.500 pohon, sebagai bentuk ketahanan pangan dalam menghadapi bencana.

Selain untuk mitigasi. secara ekonomi 8.950 pohon durian montong akan dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp8.950.000.000.-/tahun pada usia tanam empat tahun ke depan. Dan dari pisang dan ubi kayu diperkirakan akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp75.000.000.-/tahun.

Joko berharap, setelah aksi ini, selanjutnya warga diharapkan bertanggungjawab untuk merawat dan memelihara tanaman tersebut sampai mampu menghasilkan. Wargapun sangat mendukung dengan adanya penghijauan ini. Selain kawasan desanya bisa aman dari intaian bahaya longsor, juga karena setelah empat tahun diharapkan tanaman produktif ini dapat dipanen untuk menambah perekonomian.

Ikut serta dalam kegiatan ini Camat Kecamatan Kulawi, Aparatur Pemerintahan Desa, serta anggota kelompok tani, tokoh masyarakat dan Babinsa serta Bhabinkantibmas.

YPI dan CRS juga memberikan dukungan kepada kelompok PRB penyediaan beras kedaruratan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan kelompok dapat fase normal.

Selain penyediaan pangan darurat tersebut, kelompok juga didukung dengan mengadakan nutrisi kedaruaratan yang dapat dimanfaat pada situasi darurat berupa peternakan sapi, dan kambing. Selain itu ikan juga dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan kelompok. Upaya terhadap pengembangan ekonomi konservasi dan ketahanan pangan juga dapat dikembangkan sebagai pemersatu kelompok dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi keberlanjutan pada fase normal.

Seluruh perencanaan dan pengelolaan aksi pengurangan risiko bencana ini dikelola oleh Kelompok PRB sebagai upaya peningkatan partisipasi kelompok PRB dalam meningkatkan kesiapsiagaan komunitas dalam pengurangan risiko bencana. (monang sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *