Cara Blokir Panggilan Telepon Telemarketing dan Robocall

 Cara Blokir Panggilan Telepon Telemarketing dan Robocall

PERNAH dibikin jengkel telpon robot/mesin (Robocall)? Ya, memang Robocall banyak yang mengeluhkan. Tapi ketahuilah bahwa Robocall adalah kelemahan teknologi modern yang paling menyebalkan bagi banyak orang.

Biasanya, panggilan yang memanfaatkan Robocall dilakukan oleh telemarketing. Panggilan ini merupakan telepon yang tidak diminta,   yang direkam sebelumnya ke telepon rumah dan nirkabel. Yang bikin jengkel, karena tidak jarang panggilan tersebut dilakukan pada waktu yang paling tidak nyaman untuk menerima telepon. Misalnya, pas Anda rapat, baru bangun tidur, atau bahkan ada yang berdering pada tengah malam. Pokoknya, nggak sopan sekali.

Sebenarnya, panggilan yang dilakukan telemarketing  bukanlah hal yang baru. Tetapi jujur saja, banyak orang yang merasa sangat tertanggu oleh panggilan itu  belakangan ini.  Selain mencoba menjual barang kepada Anda, robocall juga bisa menipu dan berbahaya. Penipuan Robocall biasanya dengan mencuri  data anda, seperti minta menyebutkan nomor kartu kredit Anda, alamat dan data privasi lainnya.

Wabah Robocall lebih buruk dari sebelumnya
Menurut laporan Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat, yang diterbitkan belum lama ini,   keluhan robocall telah meningkat secara signifikan pada tahun 2017 dan  telah meningkat berlipat lima sejak 2009. Artinya,  wabah robocall A.S. telah tumbuh lima kali hanya dalam delapan tahun. Itu tentu sangat buruk!

Laporan baru mengungkapkan bahwa FTC telah menerima lebih dari 375.000 pengaduan tentang robocall otomatis setiap bulan pada  2017 dibandingkan dengan hanya 63.000 per bulan pada  2009.

Terkait dengan panggilan Robocall ini telah meningkat  hingga total 4,5 juta keluhan  yang diterima pada tahun 2017. Selain panggilan otomatis, 2,5 juta keluhan tentang panggilan telemarketing langsung juga diajukan tahun lalu.

Bandingkan dengan statistik pada  2016 yang menunjukkan keluhan  3,4 juta robocall dan 1,8 juta panggilan telemarketing. Ada lonjakan yang mengejutkan.

Spam robocall dan telemarketing yang paling banyak meliputi:

  1. Bagaimana Mengurangi hutang Anda (kartu kredit, hipotek, pinjaman mahasiswa)
  2. Panggilan terputus atau tidak ada pesan
  3. Liburan & timeshares
  4. Jaminan Asuransi & rencana perlindungan
  5. Panggilan berpura-pura menjadi petugas pemerintah, bisnis, atau keluarga dan teman
  6. Medis & resepMengapa pertumbuhan dalam Robocall?

 

Meningkatnya panggilan telemarketing dan robocall tidak lepas dari  kemajuan teknologi, terutama dengan layanan Voice Over Internet Protocol (VoIP), dimana ini telah mendorong peningkatan panggilan telemarketing otomatis.

Dengan akses internet murah dan perangkat lunak yang tersedia seperti auto-dialer dan Caller ID spoofing, telemarketer ilegal dapat membuat volume panggilan yang semakin tinggi dengan biaya murah dari mana saja dan mereka dapat melakukannya sambil menyembunyikan identitas.

 

Berikut ini beberapa  cara untuk menghentikan robocalls:

  1. Gunakan pemblokir panggilan. Tanyakan penyedia layanan telepon Anda apakah ia menawarkan layanan pemblokiran panggilan robocall. Jika tidak, dorong penyedia Anda untuk menawarkannya. Anda juga dapat mengunjungi situs web FCC untuk informasi dan sumber daya pada alat pemblokiran panggilan robot yang tersedia untuk membantu mengurangi panggilan yang tidak diinginkan. (Klik di sini untuk mempelajari cara memblokir nomor telepon tertentu.)
  2. Blokir penelepon yang tidak dikenal. Banyak perusahaan telepon memungkinkan Anda untuk memblokir panggilan yang tidak menunjukkan nomor pada ID pemanggil. Tanyakan kepada penyedia Anda untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur ini. Catatan: jika seseorang yang Anda kenal benar-benar memanggil Anda dan memblokir nomor keluarnya, panggilan mereka tidak akan berhasil jika Anda mengaktifkan fitur ini.
  3. Jangan dijawab. Ini sebenarnya solusi termudah untuk menghilangkan robocall. Jika Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau nomor yang tidak muncul di ID pemanggil, jangan jawab. Jika ini panggilan penting, orang tersebut akan meninggalkan pesan dan Anda dapat kembali ke mereka.
  4. Berlangganan Do Not Call Registry. Langkah ini akan menghentikan banyak robocall sebelum dimulai. Jika Anda terdaftar, itu ilegal bagi banyak robocallers untuk memanggil Anda.
  5. Tutup Telepon. Jika Anda menjawab telepon dan penelepon (sering kali merekam) meminta Anda menekan tombol untuk berhenti menerima panggilan, tutup saja telepon. Scammers sering menggunakan trik ini untuk mengidentifikasi dan menargetkan responden langsung. Begitu mereka tahu nomornya aktif, Anda akan menerima lebih banyak panggilan di masa depan.

Beberapa langkah tersebut di atas dapat  membantu mengurangi jumlah robocall yang Anda terima. Itu bisa menyelamatkan Anda dari menjadi korban scammer. Apabila artikal ini bermanfaat, ingatlah  untuk membagikan artikel ini kepada  teman dan keluarga Anda, sehingga mereka dapat memblokir panggilan yang mengganggu itu juga. Anda bisa membangikan artikel ini melalui WhatsApp Group,  Facebook atau twitter dan media sosial lainnya.***

 

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *