Busyet, Satu Durian Terjual Rp 680 Juta

 Busyet,  Satu Durian Terjual Rp 680 Juta

JAYAKARTA NEWS – Sebuah durian laku terjual dengan harga 1,5 juta baht atau sekitar Rp 680 jutaan dalam suatu lelang yang digelar di Thailand.

Variasi kanyao – yang merupakan durian termahal di dunia – menarik perhatian dari puluhan pecinta buah pada acara yang dilaksanakan di kota Nonthaburi, Thailand tengah pada Sabtu (1 Juni 2019) yang lalu.

Para pejabat berwenang di Thailand telah memilih durian sehari sebelum pelaksananan lelang. Buah tersebut diambil dari sebuah perkebunan terdekat di mana harga minimum buah durian adalah 20.000 baht (Rp 9,1 juta).

Tetapi durian mewah yang dijual di pasar lelang itu —dipilih karena ukuran, bentuk, dan kematangannya yang sempurna— dan durian itu telah berhasil memecahkan rekor tahun sebelumnya yang mencapai harga 800.000 baht atau sekitar Rp 365 juta ketika disiapkan untuk dijual di festival King Of Durian 2019.

Acara yang didesain glamor itu —yang mempertontonkan parade buah di bantal beludru merah dan emas – juga menampilkan sembilan durian lainnya dengan mewah. Mereka adalah spesies Monthong, Kanyao, dan Kop Med Tao dengan masing-masing meraih harga lebih dari 300.000 baht (Rp 136 juta).

Maliwan Han Chai Thai, yang mengelola kebun Pa Toi Lung Mu di mana durian 1,5 juta baht ditanam mengatakan, ” Saya tahu ini adalah durian yang sangat istimewa, tetapi saya benar-benar kaget dengan berapa harganya yang dicapainya. Saya mengharapkan satu juta baht, sehingga untuk menjual lebih banyak sangat baik.”

” Saya berharap penawar tinggi menikmati makan durian itu. Varietas ini adalah yang paling lezat di dunia dan kami akan terus mengembangkannya. ”

Durian kanyao, varietas durian paling mahal dan paling dicari di dunia, dibeli oleh seorang pengusaha lokal yang kaya raya.

Dari hasil festoval tersebut, sebanyak 4,5 juta baht atau Rp 2 miliar lebih dari lelang di acara itu, akan diserahkan kembali ke petani dengan dan sebagian lainnya akan disumbangkan ke badan amal setempat untuk membeli peralatan medis untuk rumah sakit.

Durian kanyao – yang ada hanya di wilayah Nonthaburi, sekitar 40 mil utara Bangkok – dianggap yang terbaik di dunia, karena rasa manis dan tekstur krimnya.

Durian Kanyao hampir musnah setelah banjir besar beberapa tahun yang lalu, tetapi perkebunan durian merupakan satu-satunya tempat untuk mengolahnya lagi.

Biasanya durian di Thailand dijual dengan harga sekitar 500 baht (sekitar Rp 280.000) – atau bahkan lebih mahal di wilayah barat – tergantung pada beratnya, tetapi di kebun, harga durian mulai dari 20.000 baht atau Rp 9 jutaan satu buahnya.

Buah durian adalah salah satu hidangan paling populer dan mahal di Asia.***

#durian #monthong #jayakartanews #kanyao

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *