BUMDES Diharap Mampu Mendorong Peningkatan PAD

 BUMDES Diharap Mampu Mendorong Peningkatan PAD

MAGETAN, JAYAKARTA NEWS – Puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di lingkungan Desa Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, memperoleh bimbingan teknis (Bimtek), Rabu (16/11/2022). Kegiatan yang berlangsung di aula desa Tawangrejo itu dipandu seorang tutor dan Kades setempat.

Bimtek atau Diklat yang berlangsung sehari itu diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kinerja para peserta, dalam hal pengelolaan bidang usaha yang ditekuninya.

Menurut Sri Hartono, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TATM), Dinas Kementrian Desa Kabupaten Magetan, jika para pelaku usaha tersebut memiliki integritas keilmuan yang mumpuni dalam hal kewirausahaan, maka wilayah desa tempatnya tinggal akan mengembang.

“Kalau tenaga pengelolanya handal, maka keuangan desa setempat akan meningkat. Gilirannya pendapatan asli desa juga akan terangkat,” papar Sri Hartono.

Berikutnya kalau posisi pendapatan asli desa sudah membaik, lanjut Sri Hartono, sudah barang tentu kehidupan masyarakat desa setempat pasti turut terangkat.

Sementara menurut Kepala Desa Tawangrejo, Djarwo, pihaknya baru akan membuka BUMDES.

“Jadi saat ini kami baru merencanakan dibentuknya BUMDES. Namanya BUMDES Tawangmaju,” sebut Djarwo, kepada jurnalis.

Menurut Dirut BUMDES Tawangmaju, Nina Marlina, dalam waktu dekat pihaknya segera membuka bidang usaha obat-obatan pertanian, pakan ternak dan layanan perbankan.

“Kami berharap kedepan akan mengembangkan usaha ke arah obyek wisata desa,” tutur Nina.

Nina berharap, keberadaan BUMDES yang dikelolanya dapat meningkatkan PAD Desa. Juga kehidupan masyarakat desa setempat. (fin)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.