Bukan Rusia Kalau Tidak Matryoshka

 Bukan Rusia Kalau Tidak Matryoshka

RUSIA, tidak saja terkenal dengan Kremlin-nya (benteng dalam kota), Saint  Basil Katedral dan Red Square-nya. Akan tetapi juga terkenal dengan souvenir khas Rusia yaitu Matryoshka.

Anda tentu sering melihat souvenir yang satu ini. Sebentuk ‘manusia’ perempuan gendut dengan ragam pakaian yang dilukis. Bagian dalamnya ruang utk ‘anak anaknya’. Dari ukuran besar hingga kecil, anak beranak. Biasanya satu buah Matryoshka mempunyai ‘anak’ bisa 5 sampai 9 ‘anak’ bahkan lebih. Tergantung besar induknya.

Matryoshka adalah souvenir nasional Rusia yang paling populer sejak abad ke-19. Hampir pada semua pameran dan festival di seluruh dunia, jika Rusia berpartisipasi, pasti Matryoshka yang lucu selalu menjadi pusat perhatian. Karena terkenalnya, maka siapa pun yang pernah menginjakkan kakinya di negeri Beruang Merah ini, tentu memiliki souvenir di salah satu sudut ruang di rumahnya. Meski Anda pun bisa memperoleh di pameran internasional.

Asal muasalnya, dahulu kala di Rusia nama Matryona atau Matryoshka adalah nama wanita yang sangat populer di kalangan rakyat biasa. Nama tersebut yang bahasa latinnya “mater” yang berarti ibu. Nama ini dikaitkan dengan petani besar yang sangat sehat dan memiliki bentuk tubuh gemuk.

Seperti halnya ibu dari keluarga besar matryoskha menjadi simbol cinta, kelembutan, perawatan /pemelihara n perdamaian. Tidak heran jika Anda berwisata ke Rusia, sovenir ini sangat layak dijadikan buah tangan dr Rusia, “From Russia With Love”.

Dalam perjalanaan waktu souvenir yang terbuat dari kayu juga menjadi simbol dari Persahabatan dan Kepercayaan. Dan pada akhirnya  itu adalah simbol yang paling dicintai di negara yang kini dipimpin presidennya, Vladimir Putin.

Dengan arti simbol yang penuh kebaikan, Anda pun dapat memberi souvenir ini utk saudara, teman atau siapapun yang Anda sayangi. Dan jika berkesempatan memilikinya untuk menyimpan satu untuk diri sendiri agar tetap sehat dan bahagia.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *