Bogor Bersih Sampah 2020

 Bogor Bersih Sampah 2020

BUPATI Bogor Nurhayanti mencanangkan Bogor Bersih Sampah 2020. Itu artinya tiga tahun lagi. Anda berpikir itu waktu yang lama? Tidak. Super cepat. Mengapa? Bogor yang kotor dan Bogor yang banyak sampah, sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Tak heran jika pencanangan Bogor Bersih Sampah 2020 di tepi Kali Ciliwung, Cisarua baru-baru ini, disambut baik banyak kalangan.

Rapat pembentukan FK Gambas berlangsung di Pos Bersih Desa Bendungan, Ciawi, dipandu penggiat Sampah Kali Cidepit Kota Bogor Awi Imam dan Atis Tardiana mewakili Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor.

Rapat FK Gambas di pinggir kali bersih, penuh ikan emas dan nila.

Atis menyambut baik gagasan membentuk forum komunikasi lintas penggiat lingkungan Bogor Raya.  Alasannya, masalah sampah selama ini tidak pernah ditangani dengan sistematis dan tepat. Khususnya sampah yang biasanya berasal dari dataran tinggi atau hulu sungai, kemudian turun mengikuti arus air, dan mengakibatkan banjir.

Karena itu, koordinasi antar wilayah sangat penting. Dari Cianjur ke Kabupaten Bogor, masuk sampah ke Kota Bogor, terus melewati lagi wilayah Kabupaten Bogor, seterusnya menuju hilir melalui sungai-sungai yang ada di Kota Depok dan Jakarta.

Pemkab Bogor bersungguh-sungguh dengan program yang dicanangkannya. Untuk itu, ia baru-baru ini meninjau proyek percontohan kebersihan di Desa Bendungan, Ciawi. Di sana, Bupati dan rombongan Muspida melihat gerakan sadar bersih masyarakat di aliran Sungai Seseupan, Desa Bendungsari, yang memang tampak bersih.

Tak kurang dari 30 KK dari 97 kk yang ada, memanfaatkan aliran sungai yang bebas sampah ini dengan beternak ikan mas dan nila. “Masyarakat menikmati hasil produksi ikan dari sungai yang mereka jaga sendiri lingkungannya,” ujar Ketua Kelompok Peternak Ikan Bendungan Asri Ramah Budaya dan Lingkungan (Baraya) Ciawi, Irpah Satiri kepada Jayakarta News. ***

Bupati Bogor Nurhayanti saat meninjau kali bersih di Ciawi.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *