Berburu Santapan Halal di Shanghai

 Berburu Santapan Halal di Shanghai

 

SHANGHAI merupakan salah satu kota destinasi wisata di China yang menarik untuk dikunjungi. Tetapi, bagi Muslim memang ada tantangan tersendiri jika berwisata ke kota tersebut, karena untuk urusan perut, harus hati-hati mengingat lebih banyak hidangan yang tidak halal daripada yang halal yang dijual direstoran atau tempat kuliner di sana. Tetapi jangan putus asa, karena sedikit bukan berarti tidak ada kan?

Memang, mencari dan makan makanan halal cukup sulit dilakukan  di negara yang daging babi dianggap sebagai  bahan pangan pokoknya. Konsumsi daging babi di China, tergolong  terbesar  di dunia. Bahkan, pada tahun lalu dapat dikatakan mencapai  rekornya,  yakni rata-rata 39,01 kg (86 pon) per kapita. Sejak 2007, pemerintah China telah mengoperasikan  cadangan daging babi strategis, yang mencakup bunker bawah tanah daging babi beku dan peternakan babi hidup, untuk membantu mengatur inflasi babi.

Jika  Anda memasuki pasar yang basah, dan Anda  akan melihat deretan penjual daging babi yang menjual segala hal, mulai dari potongan daging sampai otak. Tapi,  biasanya hanya ada satu daging lainnya,  daging  sapi atau  daging domba. Di atas kios itu, Anda pasti akan menemukan tulisan Arab   dan tulisan dengan karakter berikut:  清真 (qīngzhēn yang artinya  “halal”).

Toko yang menjual daging halal itu akan berguna, saat Anda mencari tempat yang diperbolehkan untuk diselipkan, karena pilihan halal di Shanghai- biasanya dijalankan oleh para migran Hui- terbatas. Hui adalah kelompok Muslim etnik terbesar di China dan kelompok minoritas terbesar kedua di negara itu, namun jumlahnya mencapai kurang dari satu persen dari keseluruhan populasi, dan sebagian besar tinggal di Cina tengah dan barat.

Namun demikian  menu eksotis dalam negeri mereka sangat populer di kalangan orang Cina Han (mayoritas etnik), terutama restoran bergaya Xinjiang, yang acap menampilkan pertunjukan dari pemusik. Berikut ini tempat  makan yang perlu diperhatikan  untuk bisa makan makanan halal di Shanghai:

Contoh paling gampang ditemukan  adalah  santapan  cepat saji, yakini  restoran Lanzhou Lamian yang buka setiap saat, dengan lokasi di hampir semua blok yang ada di Shanghai. Tempat makan ini  menawarkan semangkuk mie yang murah, bergizi, dan hangat mengepul, cukup dengan beberapa  RMB saja untuk  Anda belanjakan.

Anda dapat menyaksikan untaian mie ditarik  oleh anak laki-laki yang memakai taqiyah segar dari provinsi asli mereka di Qinghai atau Gansu. Apabila Anda ke Shanghai, Anda wajuib mencoba mie sup daging sapi standar (牛肉 拉面, niú ròu lā miàn) yang menyerap stok daging harum yang direbus dengan jinten dan rasa kari dari Silk Road.

Mie yang diiris dengan tangan juga tersedia, dan potongan yang luas disajikan dengan secangkir topping Asia Tengah – cukup pilih dari menu gambar di dinding. Anda yang suka daging domba, dapat memilih  domba yang digoreng dengan bawang bombay (葱爆 羊肉 面, cōngbào yángròu miàn). Ada pula pilihan lainnya,.  yakni telur yang diacak dengan bok choy dan tomat (番茄 炒蛋 刀削面, fànqié chǎo dàn dāoxiāomiàn).

Tempat lain yang menyediakan  makanan/masakan halal di Shanghai antara lain:

Zheng Zong Lanzhou Niu Rou La Mian

Alamat: 249 Wuyuan Lu, dekat Yongfu Lu

五 原路 249 号 旁 (近 永富 路)

Telepon: +86 21 6431 0486

 

Orang yang lewat, bisa meraih tusuk domba nan berkilau (羊肉 串 儿, yángròu chuànr) dan naan yang baru dipanggang untuk dibawa  di depan restoran Uighur ini. Memanh di restoran ini tidak semua menunya halal (mereka melayani Xinjiang Black Beer), tapi Anda pasti bisa membuat makanan dari piring yang tersedia, seperti naan pedas yang digoreng dengan domba, (馕 炒肉, nǎng chǎo ròu), ayam yang direbus  utuh. (大盘鸡, dà pánjī) dan labu bakar dan pilu yang lezat dengan kismis gemuk (抓饭, zhuāfàn).

Lokasi: 20 Yuyuan Zhi Lu, dekat Wulumuqi Bei Lu

愚 园 支路 20 号, 近 乌鲁木齐 北路

Telepon: +86 136 1160 3279

Jam: 11 pagi

Menu: Cina & Inggris

 

Pasar Muslim

Salah satu tempat favorit  untuk makan siang pada hari Jumat, adalah pasar, dimana  sekali seminggu di luar masjid ini menjadi  titik temu bagi orang-orang Muslim China. Pada tahun 2013,  ditutup setelah tetangga mengeluhkan asap yang mengepul dari panggangan arang,  namun kemudian  dibuka kembali di jalan yang lebih tenang dan tidak diperdagangkan di tikungan. Banyak hidangan  bersifat musiman, seperti  jus buah delima segar (石榴 汁, shíliú zhī) yang tersedia selama musim dingin dan melon manis/ musk melon (哈密瓜, hāmìguā) yang ada di musim panas. Juga  kue labu kukus (南瓜 蒸饺, nánguā zhēng jiǎo), mie kacang hijau dingin (凉皮, liángpí) dan yogurt manis (酸奶, suānnǎi).

Lokasi: Sudut Aomen Lu dan Changde Lu

澳门 路, 近 常德 路

Jam: Fri. 10: 00-3: 00

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *