Bencoolen Dhol Attraction 2022 di Bengkulu

 Bencoolen Dhol Attraction 2022 di Bengkulu

Atraksi Dhol dalam Bencoolen Dhol Attraction 2022 (Kanal Youtube Natural Bengkulu/mel)

JAYAKARTA NEWS – Bumi Rafflesia menyimpan satu alat musik yang eksistensinya secara eksklusif cuma ada di Indonesia. Namanya dhol, bedug tradisional yang bisa dimainkan secara individu maupun kelompok dan jadi salah satu warisan budaya kebanggaan masyarakat Kota Bengkulu.

Dikenal hingga ke kancah internasional, gema alat musik dhol yang mendunia ini punya keunikan pada ragam ciri khas suara yang dihasilkan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat di Kanal Youtube Natural Bengkulu yang telah menyiarkan secara langsung acara Bencoolen Dhol Attraction 2022, Jumat sore (8/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno membuka acara ini secara virtual. Ia mengatakan, melalui Bencoolen Dhol Attraction 2022 diharapkan dapat meningkatkan tonggak kebangkitan sektor pariwisata di Propinsi Bengkulu yang mampu bersaing secara global.

Bencoolen Dhol Attraction 2022 (Kanal Youtube Natural Bengkulu/mel)

Ia juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemprov Bengkulu atas terselenggaranya event ini. “Dengan semakin menggeliatnya pelaksanaan event daerah di tingkat nasional bahkan internasional, menjadi salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi, seperti halnya di Bengkulu,” ujarnya.

Terlebih lanjut Sandiaga, alat musik Dhol Bengkulu telah ditetapkan Menparekraf RI sebagai warisan budaya Indonesia. Bahkan alat musik Dhol Bengkulu yang jika dimainkan penuh energik ini, sejak beberapa tahun lalu telah banyak dikenal masyarakat luas serta mendunia.

Bencoolen Dhol Attraction 2022 berisi rangkaian kegiatan yang mengupas tuntas keunikan alat musik dhol, berlangsung meriah dan berkesan. “Ini dapat menjadi tonggak kebangkitan sektor parekraf di Provinsi Bengkulu, membangkitkan kembali semangat para pelaku pariwisata dan UMKM, kearifan lokal serta semakin banyak menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Bencoolen Dhol Attraction 2022 (Kanal Youtube Natural Bengkulu/mel)

Dia pun melontarkan pantun sebagai penutup sambutannya: Ke Bengkulu melihat bunga raflesia, mekarnya indah sungguh menawan, Bencoolen Dhol Attraction 2022 hadir menghibur pemirsa, Parekraf maju budaya berkelanjutan.***(mel) 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.