Connect with us

Feature

Begini Cara Melacak Status Penerbangan Anda secara Real Time

Published

on

Status penerbangan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA88 / GA88 dengan menggunakan flightaware.com (Foto: Screenshot flightaware.com)


Google dan FlightAware bisa membantu Anda mengetahui apakah penerbangan Anda akan ditunda—seringkali bahkan dapat info sebelum maskapai mengumumkannya.

JAYAKARTA NEWS – Mungkin Anda ingin melacak status penerbangan Anda agar ada kepastian apakah pesawat yang akan Anda tumpangi ada penundaan jam penerbangannya atau perubahan lain yang dapat mempengaruhi rencana Anda.

Anda mungkin juga ingin memeriksa kembali waktu kedatangan yang diantisipasi dari penerbangan seseorang atau orang-orang yang Anda cintai, sebelum Anda menuju ke bandara untuk menjemput mereka.

Mungkin Anda penasaran ke mana pesawat yang baru saja naiki akan pergi selanjutnya. Atau mungkin Anda melihat pesawat terbang di atas kepala dan bertanya-tanya ke mana pesawat tersebut akan pergi. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin memeriksa status penerbangan.

Beruntungnya, kini tidak ribet lagi. Ada alat yang dapat membantu Anda melakukan semua itu. Berikut adalah beberapa aplikasi dan situs web terbaik untuk melacak penerbangan, beserta cara menggunakannya untuk memeriksa status penerbangan.

Pelacak status penerbangan
Ada berbagai aplikasi dan situs web yang membagikan informasi tentang perkiraan waktu keberangkatan dan kedatangan penerbangan Anda, tetapi beberapa juga dapat memberikan pandangan mendalam, menarik informasi seperti penerbangan sebelumnya di pesawat tersebut dan seperti apa cuaca di bandara penghubung. Berikut adalah beberapa pelacak penerbangan yang kami rekomendasikan.

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk memeriksa apakah penerbangan masih dijadwalkan untuk berangkat atau tiba tepat waktu adalah dengan mencarinya di Google.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari “[nomor penerbangan] status” di bilah pencarian (misalnya, “GA2488 status”) dan tekan enter. Google kemudian menggabungkan berbagai situs web pelacak penerbangan dan menampilkan perkiraan waktu kedatangan dan keberangkatan di bagian atas halaman. Google juga akan menampilkan informasi terminal dan gerbang yang paling mutakhir.

FlightRadar24
Jika Anda ingin mendapatkan gambaran lengkap di mana pesawat berada dalam perjalanannya—termasuk posisi real-time—FlightRadar24 adalah sumber daya yang membantu dalam bentuk situs web dan aplikasi gratis.

Anda benar-benar dapat masuk ke detail dan melihat data seperti semua kedatangan dan keberangkatan yang dijadwalkan di bandara tertentu, termasuk jenis pesawat apa itu dan siapa pemiliknya (baik maskapai komersial maupun pemilik pesawat pribadi). Juga mungkin untuk melihat catatan penerbangan pesawat dan di mana pun pesawat tersebut telah terbang sebelumnya—termasuk hari itu atau sepanjang masa hidupnya, tergantung pada bagaimana Anda mengatur parameter pencarian.

Jika Anda telah melihat pesawat di atas kepala dan bertanya-tanya ke mana pesawat itu akan pergi, FlightRadar24 juga bisa membantu di sana. Ini dapat menampilkan semua pesawat yang terbang di sekitar Anda. Jika ada beberapa pesawat yang terbang di sekitar Anda, itu akan menampilkan semuanya, yang membuat lebih sulit untuk mengetahui pesawat mana yang Anda lihat dengan tepat, tetapi ini bisa membantu memberi Anda gambaran.

Mereka yang memilih layanan Premium (dengan tarif yang berkisar antara $10 hingga $500 per tahun, tergantung pada rencana) juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang jenis pesawat yang tepat, seberapa cepat pesawat tersebut terbang, dan ketinggiannya.

FlightAware
Seperti FlightRadar24, FlightAware menawarkan data pelacakan penerbangan untuk semua penerbangan komersial di seluruh dunia dengan bantuan jaringan server yang menangkap posisi pesawat secara real-time.

Baik Anda seorang pelancong sering atau pecinta penerbangan, ada banyak cara untuk menggunakan layanan gratis ini (tersedia dalam bentuk aplikasi dan situs web). Jika Anda memiliki nomor penerbangan, FlightAware dapat memberikan informasi tentang waktu keberangkatan dan kedatangan yang diharapkan. Jika Anda tidak memiliki nomor penerbangan, opsi Flight Finder dapat membantu menemukan nomor penerbangan (meskipun Anda perlu tahu bandara asal dan tujuan pesawat). FlightAware juga menawarkan Peta Kesengsaraan interaktif, yang dapat menunjukkan bandara mana yang saat ini mengalami masalah (dan lebih spesifik lagi, rute mana yang mengalami penundaan dan pembatalan pada hari itu).

FlightAware tersedia sebagai aplikasi atau situs web gratis, dengan kemungkinan pencarian lima penerbangan per bulan. Setelah itu, ada beberapa layanan premium, dengan harga yang berkisar antara $40 hingga $130 per bulan, tergantung pada seberapa dalam Anda ingin melacak penerbangan, seperti melacak lebih banyak penerbangan atau mengikuti pesawat tertentu dari waktu ke waktu.

Bagaimana aplikasi dan situs web pelacakan penerbangan bekerja?
Aplikasi dan situs web pelacakan penerbangan melacak penerbangan secara real-time, di seluruh dunia. Mereka digunakan untuk memeriksa status penerbangan, melihat apakah pesawat yang akan datang mengalami penundaan yang diantisipasi, mengamati radar cuaca sepanjang jalur penerbangan, melihat rute tepat yang ditempuh pesawat, dan menentukan jenis pesawat apa itu.

Biasanya, mereka bekerja dengan cara mengumpulkan informasi tentang di mana pesawat berada pada setiap waktu tertentu (yang memungkinkan karena pesawat terus-menerus membagikan posisinya dengan pesawat lain dan pengendali lalu lintas udara karena alasan keamanan). Mereka mendapatkan akses ke informasi ini melalui satelit.

Selain memberi tahu Anda apakah penerbangan Anda akan ditunda, pelacak penerbangan dapat membantu para pelancong menghindari kemungkinan kemacetan, terutama selama periode perjalanan sibuk (seperti musim liburan) atau setiap kali. (diolah dari berbagai sumber/sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *