Connect with us

Kabar

ART-DONK: Seni Mendongkrak Seni Rupa

Published

on

JAKARTA, JAYAKARTA NEWS – ART-DONK Pameran Seni Rupa di Balai Budaya Jakarta digelar dari tanggal 5 sampai 9 Agustus 2023. Pameran dibuka Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, pukul 20.00 WIB. Tema pameran ART-DONK adalah upaya “seni mendongkrak seni rupa”.

Gelar seni rupa ART-DONK ini bertujuan untuk (1) Mendongkrak nilai kreativitas dan upaya untuk meningkatkan daya apresiasi seni rupa di Indonesia. (2). Wadah bagi seniman untuk berinteraksi, berkumpul, dan saling berbagi pengalaman dalam mengembangkan ideide kreatifnya. (3). Mempromosikan hasil karya seniman Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi seni rupa Indonesia.

Para perupa Indonesia yang mengikuti ART-DONK berjumlah 48 peserta dengan menampilkan 78 karya seni rupa estetik yang terdiri dari seni lukis (mayoritas), seni kriya, seni furniture, dan seni fotografi. Keikutsertaan para perupa yang sudah dikenal luas, bahkan senior yang telah memiliki jam terbang tinggi seperti Godod Sutejo, M. Dwi Marianto, Timbul Raharjo, Akbar Linggaprana, Astuti Kusumo, dan masih banyak lagi perupa “jawara” yang ikuserta merupakan keistimewaan ART-DONK.

Apalagi didukung pula oleh semangat luar biasa dari para perupa pemula yang antusias menggelar karya-karya kreatifnya. Sambutan katalog ART-DONK dari Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Prof. Dr. Drs. Timbul Raharjo, M. Hum, dan rencana hadir Rektor Universitas Tarumanagara, Jakarta. Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng. Keduanya sebagai representasi apresiasi dari perguruan tinggi.

Rakhmat Supriyono
Judul : kucing
Tahun : 2023
Ukuran : 70 x 70 cm
Media : Akrilik

Selain itu, bagi para peminat, kolektor, pemilik galeri, dan para pecinta seni rupa dapat melihat, mengapresiasi, memilik, membeli, bahkan mengoleksi karya-karya seni rupa yang tersaji. Panitia memberikan nilai apresiasi mulai dari Rp. 3.500.000,- sampai Rp. 60.000.000,- Sebuah nilai yang terjangkau bagi para peminat/kolektor seni rupa, baik pemula maupun yang sudah senior. Apabila ada yang berminat memiliki karya-karya dalam katalog/pameran ini dapat menghubungi panitia ARTDONK.

Pameran seni rupa ART-DONK yang beragam jenis ini diselenggarakan oleh STUNIDO (Studio Seni Donkmax) di bawah naungan manajemen Donkmax Strategi Kreatif (Donkmax Creative Strategic), sekretariat di Tangerang Selatan. STUNIDO bekerjasama dengan tim panitia gabungan seniman-seniwati, praktisi, dan akademisi dari Jakarta, Tangerang Selatan, serta Yogyakarta untuk menyelenggarakan ART-DONK ini. Selain pameran ART-DONK digelar juga bursa penjualan karya koleksi oleh STUNIDO selama dua hari, juga saresehan para perupa, musik biola, baca puisi, serta peragaan melukis saat pembukaan.

Adapun pengunjung yang diharapkan hadir adalah para pecinta seni rupa, pengusaha, kolektor, rektor, akademisi, dan masyarakat umum. Operating committee, Ketua Nano Supartono, Sekretariat Endang P. Sar. Wakil-wakil Ketua Bidang: Rakhmat Supriyono (Yogyakarta), Sri Feriyanti Pane (Jakarta), Ferdinand (Jakarta), Kurniawan Junaedhie (Tangerang), yang didukung anggota tim sukses. Kurator Dr. Budi Waluyo (Tangsel). Steering Committee, Tenggono Chandra P. (expert advisor/Tangsel), Eddy S. Marizar (Tangsel), Marsma (Purn) Akbar Linggaprana (Jakarta), dan Godod Sutejo (Yogyakarta).

Pameran dibuka sejak tanggal 5 sampai 9 Agustus 2023, jam 10.00-21.00 WIB, bertempat di Gedung Balai Budaya, Jl. Gereja Theresia No. 47. Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. (pr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *