Akses Tanjung Priok Dongkrak Daya Saing

 Akses Tanjung Priok Dongkrak Daya Saing

SEBAGAI penghubung pelabuhan di seluruh Indonesia, Tanjung Priok memiliki peran penting. Guna memperlancar akses di wilayah ini, Presiden Joko Widodo, Sabtu (15/4) lalu, meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pembangunan jalan tol yang merupakan  bagian jaringan tol lingkar luar (JORR) ini diharapkan mengurangi volume lalu lintas dari arah Cawang menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan beroperasinya tol ini, permasalahan dweling time di Pelabuhan Tanjung Priok bisa teratasi.

“Diharapkan, dengan diresmikannya jalan tol akses ke Tanjung Priok ini, kecepatan kontainer yang akan masuk ke kapal dan keluar dari Tanjung Priok bisa dilayani dengan baik,” papar Presiden Jokowi.

Presiden sempat menceritakan kesulitan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan jalan tol ini. Semasa masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo telah mengupayakan pembangunan jalan tol akses ke Tanjung Priok ini.

“Saya ingat sekali saat saya menjadi Gubernur DKI Jakarta, saya sudah tidak ingat sudah berapa kali saya mengurusi yang namanya jalan tol ini, karena masalah pembebasan lahan, sehingga kita mundur 2,5 tahun,” ungkap Presiden Jokowi.

Selain pembebasan lahan, menurut Presiden, juga ada kendala lain yakni 69 tiang pondasi yang tidak sesuai dengan struktur kontruksi yang layak. Oleh karenanya, 69 tiang ini harus diganti tiang baru, sehingga waktunya mundur. Padahal, seperti kita tahu, Tanjung Priok sebagai pelabuhan utama Indonesia memiliki peran penting sebagai penghubung ke pelabuhan – pelabuhan lain di seluruh Indonesia. Dengan lancarnya arus barang, diharapkan dapat menurunkan biaya logistik dan meningkatkan indeks daya saing produk – produk Indonesia untuk diekspor ke luar negeri. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *