Yuk, Kenalan Sama Adat Lampung Barat di Festival Sekala Bekhak 2022

 Yuk, Kenalan Sama Adat Lampung Barat di Festival Sekala Bekhak 2022

(Foto:Kemenparekraf)

JAYAKARTA NEWS – Dua hari ini, sejak 10-12 Juli 2022 di Lampung Barat digelar Festival Budaya Sekala Bekhak. Festival ini diadakan oleh Pemda Lampung Barat di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Liwa, Lampung Barat  Apa itu Sekala Bekhak?  

Yuk, Kenalan Sama Adat Lampung Barat di Festival Sekala Bekhak 2022. Bahan mengenai festival ini, Jayakarta News ambil dari laman Kemanparekraf.

Adanya Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia tentu sudah familier.  Namun, apakah sudah pernah mendengar tentang The Origin of Lampung?

Tepatnya di Lampung Barat, ada sebuah Kerajaan Sekala Bekhak yang dipercaya sebagai leluhur masyarakat asli Lampung. Masih berlakunya hierarki adat dan juga peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di Lampung Barat menjadi bukti kalau adat dan tradisi Kerajaan Sekala Bekhak masih melekat dan terjaga secara autentik.

Bahkan, mereka masih aktif mengadakan beragam pagelaran adat. Salah satunya adalah agenda tahunan Festival Sekala Bekhak. Festival ini sebagai ajang mempromosikan daya tarik dan atraksi wisata Lampung Barat.

 Festival Sekala Bekhak berisi kisah informasi dan edukasi mengenai seluk beluk Suku Bangsa Lampung yang dikupas dengan beragam rangkaian acara.

Kolaborasi antara budaya dan pesona alam  

Tema yang dipilih untuk melestarikan seni budaya warisan leluhur tahun ini adalah “Menikmati Alam dan Budaya Bumi Sekala Bekhak, Pariwisata Bangkit, Tumbuh Bersama Menuju Pariwisata Hebat”.

Foto: Kemenparekraf

Sejalan dengan tema tersebut, tujuan diadakan kembali Festival Sekala Bekhak ialah supaya wisata dan seni budaya Lampung dapat dikenal lebih luas serta menjadi daya tarik wisata yang menggoda.

Maka, penyajian acara dalam festival ini merupakan pagelaran dan atraksi budaya yang dikolaborasikan dengan panorama alam asri.  Rangkaian kegiatan tentunya sesuai dengan bagaimana kehidupan serta interaksi sosial masyarakat asli di wilayah Kerajaan Sekala Bekhak sehari-hari dan acara juga diisi oleh masyarakatnya.

Di sana, terkenal sebuah tradisi yang kerap dilakukan sebagai pertemuan khusus antara para meghanai (bujang) dan muli (gadis) bersilaturahmi untuk berkenalan dengan menari, namanya tarian nyambai. Namun pada perkembangannya, kini tarian nyambai ditarikan oleh semua anggota masyarakat, baik yang belum maupun yang sudah menikah.

Selain pagelaran nyambai dan orkes gambus, penyelenggara Festival Sekala Bekhak juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam Lomba Penulisan Cerita Rakyat yang bisa ditulis secara fakta maupun fiksi dan juga Lomba Foto Pariwisata dan Budaya Bumi Sekala Bekhak. Tertarik untuk mengikuti lomba ini? Cek informasi lengkapnya di instagram @pariwisata_lampungbarat, ya!***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.