Yang Berpulang, Yang Terlambat, Yang tak Datang Renggut Piala Gunungan

 Yang Berpulang, Yang Terlambat, Yang tak Datang Renggut Piala Gunungan

Luna Maya, aktris pendukung terbaik genre komedi (foto FFWI)

JAYAKARTA NEWS – Banyak cerita dan kisah unik serta lucu mewarnai gelaran Featival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XI, 2021, yang dihelat di XXI Epicentrum, Jakarta.

Gunawan Maryanto, aktor teater dan film yang masuk unggulan kategori aktor utama genre film Drama yang telah berpulang dua minggu silam karena penyakit jantung terpilih sebagai aktor drama terbaik dalam film ‘Hiruk Pikuk Si Alkisah : Science of Fiction’. Adiknya, Setiyo Harjono mewakili sang kakak meraih piala Gunungan.

Dia sengaja datang dari Jogjakarta dan naik ke panggung. “Kami dari keluarga almarhum Gunawan Maryanto, orang tua, keluarga Teater Garasi dan rekan-rekan teater dan film di Jogja merasa berterima kasih atas penganugerahan ini. Semoga almarhum di atas sana menyaksikan perhelatan istimewa ini,” ujar Setiyo Harjono terbata.

Di sisi lain, ada artis yang terlambat datang yaitu Luna Maya. Ketika nama aktris blasteran Bali – Austria ini diumumkan sebagai aktris  pendukung genre komedi terbaik (‘Sabar Ini Ujian’), Luna Maya enggak nongol. Alhasil, sutradara Anggy Umbara mewakili dirinya naik ke panggung merenggut piala Gunungan.

Luna Maya baru tiba pukul 8.30 malam. “Saya enggak nyangka dapat. Saya baru kelar kerja, pukul 8 malam langsung bel Anggy Umbara. Telat nih, masih mungkin enggak saya datang. Oke, ditunggu, jawab Anggy. Saya ngebut ke Epicentrum,” lontar Luna Maya. “Saya benar-benar tersentuh. Ternyata wartawan mengapresiasi perjalanan karier saya selama 22 tahun. FFWI saksi  hidup saya,” imbuh Luna Maya.

Di film ‘Sabar Ini Ujian’ yang hampir menyapu bersih 8 dari 9 piala Gunungan, Luna Maya beradu akting bersama Vino G Bastian (menggaet aktor komedi terbaik), Anya Geraldine dan Mike Ethan. Peran Luna Maya memang tak dominan menghiasi alur cerita, namun seni perannya sungguh sangat elok dan piawai diapresiasi.

Ananda Omesh, aktor pendukung terbaik genre komedi (foto FFWI)

Lain lagi pengalaman aktor, host dan pelawak Ananda Rusdiana yang lebih dikenal dengan panggilan Ananda Omesh. Aktor ganteng ini merenggut  gelar sebagai aktor pendukung terbaik di genre komedi dalam film ‘Sabar Ini Ujian’. Tapi Ananda tak datang, karena ada tugas lain. “Alhamdullilah, ini pertama kalinya saya berhasil mendapat piala dalam festival film. Kaum wartawan ternyata lebih jeli dan lihai menangkap akting saya dalam film,” papar Ananda Omesh yang bergelar S.I.Kom dari Unpad, Bandung.

Suami Diah Ayu Lestari dan ayah dua anak ini sebelum pandemi laris diminta jadi pembawa acara dalam serangkaian infotainmen seperti ‘Extravaganza’, ‘Insert Pagi’, ‘Celebrity Lipsync’, ‘Battle Indonesia’ dll. Terakhir, Ananda Omesh harus isolasi mandiri di rumah selama dua pekan karena terpapar virus Covid 19 sampai dua kali.

Setelah sembuh, Ananda Omesh kemudian aktif membantu dan menolong orang lain. Mobil miliknya, Mercedes Bens Vito dirombak jadi mobil darurat yang siap mengantar warga yang terserang virus. “Ini bukan mobil ambulance. Tapi mobil darurat yang saya kasih nama Padodi yang artinya harapan, doa dan dedikasi,” timpalnya. Klop. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *