Wisata Jemput Bola ala Danau Toba

 Wisata Jemput Bola ala Danau Toba
Danau Toba yang indah. (foto: ist)

DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) menganggap, sudah saatnya pengembangan wisata Danau Toba dilakukan dengan cara jemput bola. Begitu rekomendasi DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), sebagai salah satu stakeholder yang ada di Kabupaten Toba Samosir, melalui rapat konsolidasi di Hotel Toba Rose, Lumban Silintong, Balige, Senin (10/12).

Usaha jemput bola pun telah mereka rumuskan, antara lain melalui penerbitan lisensi pramuwisata serta paket tur unggulan Tobasa. Dalam kesempatan itu, St Sabaruddin Tambunan AMd, Ketua DPC HPI Tobasa menyampaikan, pembinaan objek wisata dengan cara jemput bola sudah saatnya dilaksanakan.

Kerjasama dengan pemerintah kabupaten dalam hal regulasi sebagai payung hukum HPI dalam menjalankan profesi dalam waktu dekat harus dilaksanakan. Selain itu, lanjutnya, tindak lanjut pembenahan objek wisata serta tugas pramuwisata dalam melayani wisatawan yang berkunjung ke daerah itu diharapkan dapat menjadi prioritas.

“Supaya kita bisa berkembang, paket wisata harus segera kita tawarkan. Gambaran akan tour yang sudah kita laksanakan tentunya dapat dijadikan bahan yang harus dikuasai untuk dibawakan dalam tour”, terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPC HPI Tobasa Patrick Lumbanraja. Menurutnya, berbagai hal yang dianggap penting, selanjutnya akan disampaikan secara resmi kepada pemerintah kabupaten. “Melalui pembahasan kita kali ini, kita dapat menyampaikan keanggotaan HPI dan guide lokal untuk objek objek wisata yang ada di daerah kita,” terangnya.

Pada akhir pertemuan, Sabaruddin mengharapkan seluruh anggota HPI dapat mempersiapkan diri dalam menyambut kunjungan wisatawan ke daerah itu untuk mensukseskan pengembangan pariwisata Toba Samosir. “Marilah bersatu padu untuk memajukan HPI Tobasa, marilah kita perjuangkan dan tetap semangat,” pungkasnya. (monang s)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *