Connect with us

PARIWISATA

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang, di Balik Pesona Indahnya, Tersimpan Cerita Mistis yang Jadi Daya Tarik

Published

on

Air Terjun Kedung Kayang. (Instagram @fariddc7)

JAYAKARTA NEWS– Jika melipir ke Kabupaten Magelang, dapat ditemukan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Barat yang bernama Air Terjun Kedung Kayang.

Air Terjun Kedung Kayang ini bukan hanya sekadar memiliki pesona alam yang memikat hati namun juga sekaligus menyimpan cerita mistis yang tidak terlupakan.

Dilansir dari Kabar BUMN, Senin (20/11/2023), nama Kedung Kayang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Kedung yang berarti Air Terjun, dan Kayang yang berarti langit. 

Nama Kedung Kayang konon diketahui masyarakat setempat secara turun temurun, berasal dari pemberian nama tiga empu atau tokoh sakti di Wonolelo pada masa lalu, yaitu Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik.

Konon para empu tersebut kerap bertemu di lokasi air terjun, baik di atas maupun di kedung di bawahnya. Menurut legenda kepercayaan lokal, penunggunya disebut Kyai Gadung Melati dan Nyai Widari Welas Asih.

Airnya tak hanya mengalir dari aliran sungai di atas, tetapi juga sepanjang tahun bermunculan di sejumlah mata air di retakan-retakan tebing vertikal  dan dipercaya memiliki khasiat mistis.

Kemudian keunikan dan keanehan tersendiri dari air terjun ini adalah bila di bulan Suro (muhharom) pada hari malam Jum’at Kliwon sering terdengar suara atau alunan Gamelan Jawa dan pada hari Kamis Wage semua kera-kera yang ada di sekitar Kedung Kayang berkumpul di atas air terjun tersebut.

Berdasarkan mitos, Dewi Nawang Sih dan Dewi Nawang Wulan juga sering mandi di Kedung Kayang yang berkhasiat membuat awet muda. Walau kental dengan legenda dan hal mistisnya, Air Terjun Kedung Kayang merupakan wisata alam yang sangat indah.

Berbeda dengan air terjun lain, Air Terjun Kedung Kayang memiliki latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sehingga sering dijadikan sebagai lanskap foto para pengunjung.

Airnya juga tak pernah surut atau berkurang debitnya, sekalipun di puncak musim kemarau.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di tempat wisata ini adalah tracking, photo selfie, wisata air di air terjun, pre weding, bersantai sambil melihat keindahan alam sekitar dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di sektar lokasi juga cukup memadai, sudah termasuk akses jalan, area parkir, toilet, tempat makan, gardu pandang, hingga bumi perkemahan.

Air Terjun Kedung Kayang berlokasi di Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56411. Dari Magelang, air terjun ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *