‘Wajah Baru’ Festival Film Indonesia 2020 Diluncurkan

 ‘Wajah Baru’ Festival Film Indonesia 2020 Diluncurkan

Niniek L Karim—foto kapanlagi.com

JAYAKARTA NEWS—  Meski pandemi C19 masih belum lenyap tapi ‘wajah baru’ Festival Film Indonesia (FFI) 2020 diluncurkan di aplikasi Zoom dan YouTube, Minggu (14/6). “Ini awal yang baik buat kita semua. Akhirnya, FFI 2020 diluncurkan hari ini,” ujar Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2020.

Namun, Lukman belum bisa menyebutkan jumlah film peserta FFI tahun ini, apalagi kota dan tanggal/bulan penyelenggaraan FFI. Tapi, beberapa insan dan pengamat film mengatakan, FFI 2020 tetap dihelat di Jakarta, dan bulan penyelenggaraannya adalah Desember.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid menyambut gembira atas diluncurkannya ‘wajah baru’ FFI 2020. “Jalurnya ke tema, yaitu ‘Satu Hari. Satu hal baik. Film Indonesia,” urai Hilmar Farid. Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) sebagai penyelenggara FFI, Chand Parwez Servia menambahkan, jumlah judul film yang akan ikut FFI tahun ini ada sebanyak 28 film ditambah film sisa tahun 2019, jadi total ada 53 judul film.

Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan Kemdikbud)–foto instagram

Syarat ikut FFI adalah film yang sudah lolos sensor LSF dan tayang di bioskop. Entahlah, kapan bioskop di seluruh Indonesia buka kembali.

Niniek L Karim, aktris senior dan dosen pasca-sarjana Psikologi UI menegaskan bahwa film adalah produk budaya dan bukan semata-mata produk hiburan. “Film sebagai ruang belajar bagi kita semua.

Ada film bergenre sejarah, biopic tokoh-tokoh tertentu, kemudian ada film horor dan  kengerian serta film berjenis komedi. Semua wajah kita ada di sana,” papar Niniek L Karim.

Namun, ada yang mengganjal di otak Niniek dan insan film lainnya, dalam kondisi seperti ini, apakah Panitia sudah mempertimbangkan, baik buruknya penyelenggaraan FFI tahun ini. Kok sempat-sempatnya mengadakan pesta. Yang menjawab adalah Direktur Perfilman, Musik dan Media baru, Kemdikbud RI, Ahmad Mahendra.

“FFI tahun ini enggak ada pesta. Alasan utama perhelatan FFI tahun ini adalah film banyak dibuat. Insya Allah kita sudah mempersiapkan FFI secara sederhana,” jawab Ahmad Mahendra.

Lukman Sardi, Ketua Komite FFI

Silaturahmi peluncuran FFI dimeriahkan kalangan artis dan produser serta pelaku di lapangan, seperti Slamet Rahardjo, Djoko Anwar,  Dewi Umaya, Yayu Unru, Reza Rahadian, Jajang C Noer, John Badalu, Tanta Ginting, Bemby Gusti, Christine Hakim, Faozan Rizal, Sentot Sahid, Wulan Guritno, Atiqah Hasiholan, Embie C Noer,  Chicco Jerikho dan isteri Putri Marino, Samuel Watimena dan sederet insan film lainnya.

Hiburan oleh Yayu Unru yang menampilkan pantomim, Cupumanik, Dira Sugandi dan Ihsan Tarore (musik) dan pembacaan puisi oleh Embie C Noer, Reza Rahadian dan Jajang C Noer. Seperti dikatakan Lukman Sardi, insan film Indonesia harus berpedoman pada 4 pilar : berkarya, kreatif, inklusif dan rendah hati. ( pik )

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *