Wah, Lansia dan Difabel Dapat Rusun Gratis 

 Wah, Lansia dan Difabel Dapat Rusun Gratis 
Kepala Dinas Perumahan Pemprov DKI Agustino Darmawan
KABAR gembira bagi lansia dan kaum difabek warga DKI JAkarta. Sebab, Pemprov DKI Jakarta berencana menggratiskan sewa rumah susun (rusun) bagi mereka.
Namun, kabar itu tidak untuk saat ini, Sebab, kini Dinas Perumahan tengan menggodok dengan menyusun draf perubahan Pergub Nomor 111 Tahun 2014 tentang Mekanisme Penghunian Rumah Susun Sederhana Sewa.
“Orang yang lansia itu dibebaskan dari biaya sewa retribusi. Lalu yang punya keterbatasan, cacat, dan sebagainya,” kata Kepala Dinas Perumahan Pemprov DKI Agustino Darmawan di Balai Kota, belum lama ini.
Agustino mengatakan, draf revisi pergub tersebut kini sedang disusunnya. Selain pembebasan biaya sewa bagi lansia dan difabel, dalam draf tersebut juga diusulkan penggratisan biaya sewa selama tujuh bulan bagi penghuni yang baru pindah dari tempat asal.
Pertimbangannya, kata dia, terkait pekerjaan mereka. “Selama tujuh bulan dia dibebaskan (bayar sewa), karena kan belum punya kerja dia, usulan kita begitu,” ujar dia.
Ia menambahkan, revisi pergub tersebut rencananya juga memasukkan aturan penggratisan selama tiga bulan bagi penghuni lama terhitung sejak sebelum rusun direvitalisasi. Alasannya, kata Agustino, mereka butuh sewa tempat tinggal selama rusun dilakukan perbaikan.
“Misalnya rumah susun mau direvitalisasi, penghuni yang lamanya itu kan mesti pindah, bangunannya mau diambrukin, tiga bulan sebelum bangunannya dirubuhin, dia dibebaskan untuk bayar sewa, supaya dia bisa menggunakan biayanya itu untuk mencari tempat dia tinggal sementara,” ujar dia.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.