TVRI akan Memproduksi Film Sendiri

 TVRI akan Memproduksi Film Sendiri

Nara sumber dalam acara webinar yang diadakan LPP TVRI (foto : Istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Film nasional saat ini tengah bangkit. Hampir tiap hari Kamis setiap pekan ada dua film nasional tayang di bioskop. Dan hampir dipastikan penontonnya penuh sesak meski harus dihajar dengan aturan kesehatan yang sangat ketat di masa pandemi yaitu  bioskop dibatasi 75% penonton.

Bagaimana dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia? “Kami berkomitmen guna menjadikan TVRI sebagai ‘Rumah Film Indonesia’ untuk mengawal kualitas dan kuantitas film nasional,” kata Dirut TVRI, Iman Brotoseno dalam program webinar  ‘The Stars : TVRI Rumah Film Indonesia’ yang ditayangkan dari studio 8 TVRI, baru-baru ini.

“TVRI akan memproduksi film sendiri dengan target satu film satu tahun. Dan mendorong TVRI daerah dapat membuat film yang sarat dengan kearifan lokal dan menonjolkan pariwisata dan kuliner daerah,” beber Iman Brotoseno.

Ketika didesak dari mana bujetnya, karena sudah lama televisi milik negara yang acap disebut televisi plat merah ini minim atau sama sekali tidak ada iklan, pimpinan TVRI Stasiun Pusat ini menjawab singkat “Nanti kita pikirkan. Bisa berupa patungan bersama dengan provinsi setempat dalam mencari dananya. Rencana ini akan kami matangkan betul,” imbuh Iman Brotoseno yang pernah sukses membuat film berjudul ‘3 Srikandi’ semasa menjadi sutradara.

Segendang sepenarian pendapat Direktur Perfilman, Musik dan Media (PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek, Ahmad Mahendra yang hadir secara daring. “Kami mengapresiasi kebijakan TVRI yang membuat program rutin penayangan empat film baru Indonesia setiap dua minggu. Dengan demikian, TVRI telah mendukung pemerintah yang menjadikan film Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri,” timpal Ahmad Mahendra.

Sebagai penutup, sebagai ‘gong’ acara webinar ini adalah pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno secara daring. “Harapan kami film dapat memberikan stimulus ekonomi bangsa. Secara pribadi, saya juga ingin mengajak masyarakat agar menonton film nasional di bioskop,” urai Sandiaga Salahudin Uno.

Acara webinar secara langsung di kanal YouTube TVRI Nasional dan tayang tunda di TVRI Nasional ini juga menghadirkan beberapa nara sumber (narsum) yaitu Anggy Umbara (sineas), Oswin Bonifanz (produser film ‘Merindu Cahaya de Amstel’), Maudy Kusnaedy (aktris) dan Yan Widjaja (pengamat film dan pendiri Demi Film Indonesia). Semoga harapan dan obsesi  Dirut TVRI Iman Brotoseno ini bakal terealisir dan terkabul di Tahun Macan ini. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.