Tukang Pijat Terbaik adalah Diri Sendiri

 Tukang Pijat Terbaik adalah Diri Sendiri

HAMPIR semua orang pernah dipijat. Jika ada yang bilang, “saya tidak pernah pijat”, sebaiknya dia bertanya kepada ibunya, apakah semasa bayi benar tidak pernah dipijat? Sebab, umumya, manusia sudah mengenal sentujan pijat sejak orok hingga usia tua.

Tidak sedikit manusia ketagihan pijat. Entah pijat seluruh tubuh, pijat refleksi, pijat kepala, atau bahkan pijat wajah. Tidak sedikit pula yang punya tukang pijat pribadi atau langganan. Ternyata, tukang pijat terbaik adalah diri sendiri.

Pasalnya, dengan sedikit pengetahuan tentang bagian-bagian tertentu, maka seseorang bisa melakukan pemijatan kepada diri sendiri, khususnya untuk tujuan relaksasi. Terlebih, hanya diri kita yang mengetahui dengan pasti, batas kekuatan tubuh kita menerima tekanan. Sebab, pemijatan yang terlalu lemah, tidak akan membawa efek apa-apa. Sebaliknya, pemijatan yang ekstra keras, justru bisa mengganggu saraf. Ikuti tips di bawah inii.

Memijat Sambil Keramas

Ambil shampoo dan usapkan pada rambut yang basah. Pilih shampoo yang membuat Anda relaks, namun sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Pijat dengan tekanan yang dirasa pas untuk mengurangi stres di kepala. Memijat rambut juga bisa menguatkan rambut karena peredaran darah lebih lancar. Rambut juga takan terangsang untuk tumbuh. Lakukan pemijatan di kepala dengan lembuat selama 10 – 15 menit.

Tangan, Pundak, Kaki

Sabun juga bisa menjadi media pemijatan yang ampuh. Anda bisa menyabuni badan sambil memijat tangan, pundak, dan kaki. Arahkan pijatan pada otot-otot yang terasa kaku, missal di lengan atas, betis, dan pundak (kiri dan kanan). Jika Anda terbiasa dengan minyak angin, boleh oleskan minyak angin selesai mandi, agar tubuh menjadi hangat, dan tidur pun lebih nyenyak.

Pijatan di Wajah

Khusus kaum Hawa, hampir setiap hari membersihkan wajah dengan cleanser. Pijat daerah samping mata ke atas kening, dagu ke atas pipi, bersihkan dan pijat sekitar leher dan tengkuk. Ini akan membantu meredakan stres di wajah Anda.

Memijat Telinga

Bagian tubuh yang paling sering diabaikan saat pijat adalah telinga. Padahal, telinga juga membutuhkan sentuhan pijatan. Pijatan pada telinga, akan membuat kita relaks karena telinga juga tersambung dengan saraf ke otak. Pijatlah telinga dengan mengatupkan telunjuk dan jempol.

Tips terakhir, ketika hendak beranjak tidur, jauhkan handphone, matikan televisi. No excuse! Hanya dengan begitu, Anda akan merasa sangat bugar ketika bangun keesokan hari. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *