Titi Kamal Bangga Film ‘Makmum’ Tayang di 4 Negara

 Titi Kamal Bangga Film ‘Makmum’ Tayang di 4 Negara

JAYAKARTA NEWS – Bagi Titi Kamal, main film horor itu tidak pernah terpikikan sebelumnya. Namun, ketika sutradara Hadrah Daeng Rat menawarinya bermain dalam film ‘Makmum’, ia tertantang.

Dalam film tersebut, Titi berperan sebagai Rini. Sesosok gaib yang acap disebut ‘makmum’ di sebuah asrama tiba-tiba mengikuti dan sering mengganggu sejak Rini menetap kembali di asrama. Rini kembali ke asrama demi memenuhi permintaan ibu asrama, ibu Kinanti (Jajang C Noer) yang kesehatannya terus menurun.

Rosa (Reny Yuliana) sebagai pemimpin asrama yang baru, tidak merespon ketakutan ketiga siswi, Nurul (Tissa Bianni), Nisa (Bianca Hello) dan Putri (Adila Fitri). Mereka ini dilarang keluar asrama selama masa liburan, karena nilai mereka yang jelek.

Sosok gaib itu selalu mengikuti setiap Rini dan ketiga siswi sedang salat berjemaah atau beribadah sendiri. Rini berkali-kali memeriksa, namun, tiada seorang pun di luar kamar.

“Pokoknya setiap salat, naluri saya merasakan ada sesosok gaib berada di belakang saya, sehingga membuat saya tidak khusyuk,” kata Titi.

Tidak hanya itu. Ada yang lebih menyeramkan, karena dia juga mendengar suara yang menirukan bacaan Takbir di setiap pergantian gerak salatnya.

“Ini yang menyeramkan diri saya. Kata orang sih itulah jin baik yang mengikuti saya dan teman-teman di asrama. Sebenarnya sosok gaib tersebut tidak mengganggu, hanya kita yang terganggu. Dan ini adalah pengalaman pertama saya diganggu jin atau makhluk astral, walaupun sifatnya baik,” ungkap ibu dua anak ini.

Berdurasi 90 menit dan lolos untuk 17 tahun ke atas, film produksi Dee Company dan MD Pictures ini juga menampilkan aktor Ali Syakieb.

Mengadapsi film pendek berjudul sama karya sutradara Riza Pahlevi berdasar kisah nyata. Populer di Youtube, menurut produser Dheeraj Kalwani memberikan tantangan tersendiri untuk sutradara wanita, Hadrah Daeng Ratu.

Film pendek ‘Makmum’ ini beberapa kali menggaet serangkaian penghargaan yang diperoleh dari Direction Special Mention – The Crappy International Movies in Sueca (CIM-Sueca) di Spanyol, Official Selection – Second Asia International (Wenzhou) Youth Short-Film Exhibition, Jogja Netpac Asian Film Festival 2016, Best Horror Hellofest 2016 serta Memorable Character – Popcon Award 2018.

Apakah cerita filmnya sama seperti di film pendek ?

“Seperti mengadaptasi novel atau buku, film pendek sudah memiliki penggemar sendiri yang punya persepsi masing-masing. Tantangannya adalah enggak boleh melenceng dari cerita awal tapi harus lebih mencekam dari sebelumnya,” kata Dheeraj Kalwani.

Lalu, bagaimana pendapat Titi Kamal atas seni perannya di film horor pertamanya ini ?

“Saya sampai enggak tahan melihat akting saya di film ini. Kan ini pertama saya main film horor. Biar ada skenario, namun sesosok gaib itu terus mengikuti saya. Dan lama kelamaan saya cuek saja, kan ini hanya film,” sergap Titi Kamal tersenyum. Film ‘Makmum’ tayang di 180 layar di seluruh Indonesia. (Ipik Tanoyo)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *