Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Masalah Kelistrikan, PLN UP3 Sanggau Gelar Sosialisasi

 Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Masalah Kelistrikan, PLN UP3 Sanggau Gelar Sosialisasi

PLN UP3 Sanggau sosialisasi kelistrikan di SMP Negeri 2 Kecamatan Pinoh Utara bersama Pemerintah Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi (7/6/2022) (Istimewa)

JAYAKARTA NEWS –  PLN UP3 Sanggau terus mengedukasi masyarakat terkait masalah kelistrikan. Khususnya untuk masyarakat yang akan segera menikmati listrik dari PLN. Demikian dikatakan Manager PLN UP3 Sanggau, Muhammad Isra dalam Keterangan Pers, Selasa (14/6/2022).

Diakuinya, ada beberapa oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat dalam mengurus permohonan pemasangan listrik untuk mengambil keuntungan.   Ia juga berharap agar masyarakat tidak terpengaruh oleh praktik percaloan dalam mengurus permohonan pemasangan baru listrik, yang nantinya akan merugikan masyarakat itu sendiri.

Untuk itu baru-baru ini PLN UP3 Sanggau bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi gelar kegiatan sosialisasi kelistrikan di SMP Negeri 2 Kecamatan Pinoh Utara.

“Selain menyampaikan informasi terkait rencana pembangunan jaringan listrik, melalui kegiatan sosialisasi ini kami juga manyampaikan bagaimana cara melakukan permohonan pasang baru listrik, termasuk syarat serta besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh warga,” ungkap Isra lagi.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak terpengaruh oleh praktik percaloan dalam mengurus permohonan pemasangan baru listrik, yang nantinya akan merugikan masyarakat itu sendiri.

“Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, kami berharap warga dapat lebih memahami serta mendukung upaya kami dalam memberikan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat. Listrik itu milik kita, karena kita juga yang akan menikmatinya,” kata Isra.

Kegiatan sosialisasi kelistrikan tersebut diikuti oleh perwakilan warga Desa Tebing  Karangan, Desa Nanga Man, Desa Merah Arai, dan Desa Sungai Pinang.  Edukasi masyarakat ini terkait masalah kelistrikan sebelum pembangunan jaringan listrik dilaksanakan di empat desa tersebut.

Menurut Camat Pinoh Utara, Sonten, sebelum masuknya listrik ke empat desa tersebut, masyarakat harus diberikan pemahaman agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait pembangunan serta pemanfaatan listrik ditempat tinggal masing-masing.

“Saya mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan pemahaman terkait masalah kelistrikan kepada masyarakat lewat kegiatan sosialisasi ini. Hal ini menjadi sangat penting mengingat listrik merupakan kebutuhan pokok warga, namun perlu diperhatikan antara manfaat dan bahayanya jika tidak dipergunakan secara benar,” ujar Sonten.

Ia juga menyebutkan bahwa antusiasme warga yang hadir cukup besar, sehingga apa yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi dapat dipahami oleh warga. Ia berharap masyarakat dapat mendukung proses pembangunan jaringan listrik terutama bagi warga yang memiliki pohon atau tanam tumbuh agar dapat ditebang oleh petugas demi kelancaran pembangunan jaringan listrik. (tris)  

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.