Tasya Kamila: Puasa di Amerika Lebaran di Cina

 Tasya Kamila: Puasa di Amerika Lebaran di Cina

Tasya Kamila–instagram

Tasya Kamila–instagram

Ini cerita unik dari Tasya Kamila tentang berpuasa dan lebaran di negeri orang. Puasa di Amerika, lebaran di negeri Cina, begitu kata Tasya yang baru saja menyelesaikan kuliah S2 –nya di Columbia University, New York, AS. Namun dua momen penting itu tidak dilakukan dalam tahun yang sama. Saat menjalani ibadah puasa, kata Tasya, kebetulan karena ia memang kuliah di Amerika. Jadi mau tidak mau, dia pun puasa dalam suasana yang berbeda dari Indonesia. Bukan hanya karena kebanyakan teman-temannya tidak berpuasa, namun juga waktu berpuasa yang cukup panjang.

Sementara ketika lebaran di luar negeri, itu dirasakannya beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2013. Menurut pemeran Rika dalam film ‘Rumah Kentang’, ini, ada kejadian lucu saat ia dan keluarga berlebaran di negeri Cina. “Pas waktunya sholat ied, kami terlambat sampai di masjid. Kalau di Indonesia kan sholat ied jam 7 pagi. Nah, kami terlambat 15 menit,” ungkapnya.

Karena tahu terlambat, Tasya dan keluarganya terbirit-birit. Tapi sampai di masjid, mereka melihat orang-orang menggulung –gulung tikar. “Kita pikir, wah sudah terlambat. Tapi kami kan punya keterbatasan bahasa, jadi waktu bertanya pada mereka menggunakan bahasa isyarat (pakai tangan). Mereka jawab—juga pakai isyarat tangan—bahwa sholat ied belum mulai, nanti pukul 10 baru mulai. Wah alhamdulilah, jadi kami tidak terlambat,” kata Tasya sambil tertawa.

Lalu bagaimana pengalamannnya puasa di negeri Paman Sam.  Tasya kembali tertawa karena dia pun punya cerita lucu tentang puasa di sana. Kejadian lucu itu terjadi pas awal puasa. “Aku sempat bingung kapan hari puasa pertama. Kan beda dengan di Indonesia, ada sidang Isbat dan hasilnya diumumkan kepada masyarakat. Jadi kita semua tahu kapan puasa pertama. Nah di Amerika kan tidak ada pengumuman pada masyarakat luas. Jadi nggak tahu secara jelas kapan waktu puasa pertama. Jadi aku kira puasa hari Rabu,” papar gadis cantik ini.

Gara-gara ketidaktahuannya, dia pun sahur pada hari Rabu. “Trus teman aku bilang, puasa pertama besok, maksudnya hari Kamis. Hahh!! Ya sudah nggak apa-apa sudah terlanjur sahur. Syukur puasa pertama hari Kamis, karena pas sahur aku grabak-grubug banget,” ucapnya sambil tertawa.***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *