Status: Mantan Penganggur

 Status: Mantan Penganggur

ADALAH Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara, yang berniat memberi label “mantan” kepada para penganggur. Rencananya, mulai bulan Mei 2017, sebanyak 300 penganggur akan diberi dua jenis pelatihan: Mengemudi dan keterampilan menjadi Satpam atau bahasa kerennya petugas security.

Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Utara, Dwi Untoro mengatakan, pelatihan yang sedia digelar itu, merupakan tindak-lanjut dari usulan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) DKI Jakarta. “Program ini dijadwalkan mulai bulan Mei,” ujar Dwi, Kamis (9/2).

Dwi Untoro

Kini, pihaknya tengah mendata kriteria penganggur yang akan distempel “mantan” itu. Kriteria utama adalah yang berasal dari keluarga miskin. “Pelatihan Satpam dilangsungkan selama 15 hari dan diikuti 200 orang. Sementara pelatihan mengemudi digelar sepekan dan diikuti 100 orang,” ujar Dwi.

Selesai menjalani pelatihan, maka petugas Satpam akan mendapatkan sertifikat. Sedangkan, yang belajar mengemudi, akan mendapatkan SIM-A. Tentu saja, baru peserta pelatihan yang lulus tes akhir, baik di bidang security maupun mengemudi. “Kami harapkan kegiatan ini dapat mengurangi angka pengangguran di Jakarta Utara,” tandasnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *