Connect with us

Kabar

Srikandi Bea Cukai Penjaga Negeri, Ladies Squad Marine Customs

Published

on

Ladies Squad Marine Customs. Foto oleh Irfan Bayu/Kemenkeu

JAYAKARTA NEWS – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) merupakan instansi di bawah Kementerian Keuangan yang salah satu fungsinya adalah sebagai community protector yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya. Dari berbagai kantor vertikal yang dimiliki DJBC, terdapat dua Kantor Wilayah Khusus atau Kanwilsus yaitu Kanwilsus Kepulauan Riau dan Papua.

Dibalik kekhususan di Kepulauan Riau terdapat satu kelompok patroli laut yang seluruh anggotanya merupakan wanita atau disebut Ladies Squad Marine Customs yang menjadi mutiara indah di antara karang tangguh penjaga laut Indonesia.

Kebutuhan pemeriksaan di lapangan melatarbelakangi pembentukan pasukan srikandi bea cukai ini.

“Ada satu kejadian atau kasus (pada 2019) di mana (saat pemeriksaan) salah seorang awak kapal itu ada wanitanya. Jadi pada saat itu, kita enggak bisa melakukan pemeriksaan di laut karena saat penegakan atau penindakan, semua kru kami laki-laki”, jelas Ema Susanti yang merupakan salah satu anggota Ladies Squad, dikutip dari Rilis Kemenkeu, Selasa (22/8/2023).

“Kemudian para pimpinan mulai mengantisipasi risiko atau modus penyelundupan. Apalagi kemungkinan besar kalau untuk kejahatan NPP (Narkotika, Psikotropika, dan Prekusor) biasanya media pembawanya wanita. Yang kedua, untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan pemeriksaan saat di laut dan unsur hospitality dari patroli laut,” ujarnya.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *