Southeby Lelang Lukisan Potret Wanita Selingkuhan Pablo Picasso

 Southeby Lelang Lukisan Potret Wanita Selingkuhan Pablo Picasso

 

Seorang pengunjung melihat sebuah lukisan berjudul ‘Femme assise pres d’une fenetre’ (Seorang wanita duduk di dekat jendela) oleh seniman Spanyol, Pablo Picasso di rumah lelang Sotheby di London tengah. Karena merupakan bagian dari Impresionis dan Modern Art Evening Sale pada tanggal 5 Februari 2013 diharapkan untuk mengambil nilai penjualan antara 25 – 35 juta GBP (29-41 juta EUR – 40-55 juta USD). AFP PHOTO / CARL COURT.

SEBUAH potret kekasih Pablo Picasso, Marie-Therese Walter, dijual di London dengan harga £ 28,6 juta (Rp 607,5 miliar), kata manajeman rumah lelang Southeby.

Warna-warni dan montok “Femme assise pres d’une fenetre” (wanita duduk di dekat jendela), yang dilukis pada tahun 1932, dijual di sebuah ruang penjualan yang ramai kepada pembeli yang mengorder melalui telepon anonim, kata juru bicara Sotheby. Diperkirakan harga yang dicapai akan berada di ketuk di angka antara £ 25 juta dan £ 35 juta.

“Kami senang bahwa potret yang menakjubkan dan monumental ini, yang merupakan bagian dari seri yang menentukan yang memperkenalkan ‘muse emasnya’ ke mata publik, menemukan harga yang begitu kuat,” kata Helena Newman, ketua departemen seni impresionis dan seni Sotheby di Eropa.

“Potret ini adalah karya yang mencolok dan terutama terlihat modern dari salah satu periode paling terkenal pelukis.”

Lukisan itu menjadi bintang dalam penjualan seni impresionis, modern dan surealis yang dilakukan pada Selasa, dan mencapai harga tertinggi dalam sebuah lelang yang menghasilkan total 121 juta poundsterling.

Picasso bertemu dengan muse terkenal Marie-Therese Walter di Paris pada tahun 1927, saat mereka masing-masing berusia 17 tahun dan berusia 45. Hubungan mereka dirahasiakan selama bertahun-tahun, karena masa muda dan pernikahan Picasso dengan balerina Rusia Olga Khokhlova.

Perselingkuhan itu terungkap pada tahun 1932, ketika potret Walter dipajang untuk pertama kalinya di samping karya Picasso lainnya secara retrospektif, dan Khokhlova menyadari ada wanita lain dalam kehidupan suaminya.

Walter, yang mengilhami beberapa karya Picasso termasuk “La Lecture”, “La Reve” dan “Nature morte aux tulipes”, membawa artis Spanyol itu seorang putri, Maya.

“Beberapa tahun terakhir ini, kami telah menyaksikan keasyikan potret Picasso Marie-Therese terhadap kolektor, Picasso,” kata Newman.

Potret lain Walter dari serial yang sama, “Nude, Green Leaves and Bust”, memegang rekor karya seni termahal yang pernah dijual di lelang saat dibeli seharga $ 106,4 juta (Rp 1,436 triliun) di New York pada tahun 2010.

Relor itu digulingkan Mei lalu ketika “The Scream” oleh Edvard Munch dijual seharga $ 119,9 juta (Rp 1,6169 triliun).

“La Lecture” terjual di Sotheby’s pada tahun 2011 seharga £ 25 juta, dua kali lipat dari perkiraan pra-penjualannya, sementara “Nature morte aux tulipes” masuk di bawah palu di New York pada November lalu seharga $ 41,5 juta (Rp 560,25 miliar).

Juga dijual pada hari Selasa adalah lukisan lili Claude Monet “Nympheas avec reflets de hautes herbes”, yang menghasilkan 9.000 juta poundsterling.

Sepotong karya Egon Schiele, Liebespaar, juga mencetak harga rekor untuk sebuah karya di atas kertas oleh seniman Austria itu, dengan harga 7,9 juta poundsterling.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.