Sensasi Menyentuh Ikan Dewa di Kuningan

 Sensasi Menyentuh Ikan Dewa di Kuningan

OBJEK wisata Cibulan merupakan salah satu objek wisata tertua di Kuningan Jawa Barat. Objek wisata ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad.

Objek wisata ini berupa  dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35 x 15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Kolam kedua berukuran 45 x 15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 cm dan bagian kedua berkedalaman 120 cm.

Kedua kolam ini selalu dikuras sekali dalam dua minggu atau bisa lebih. Hal itu bergantung kebersihan air. Setiap kolam dihuni puluhan ikan berwarna abu-abu kehitaman. Masyarakat menyebutnya  Kancra Bodas (Cyprinus carpico) lebih dikenal dengan sebutan  Ikan Dewa.

Ikan tersebut ada  dengan berbagai ukuran.  Ikan dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu.

Meski semua kolam itu dihuni puluhan ikan  tersebut, tapi  pengunjung diperbolehkan mandi di kolam bersama ikan. Sambil berenang bisa menyentuh ikan tersebut yang terlihat jinak.

Kalau malas berenang, bisa juga foto bersama ikan dengan cara mengangkat ikan tersebut ke darat.  Ada beberapa   ekor yang  jinak dan bisa diangkat ke darat  karena sering dipijat-pijat dan dielus-elus.

Air di Cibulan bersih, bening, sejuk, dan tidak pernah kering sekalipun  di musim kemarau panjang. Oleh sebab itu  Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan dan dimanfaatkan Pertamina untuk memasok kebutuhan air bersih di dua kompleks miliknya, yaitu Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon dan kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon.

Untuk bisa ke tempat ini, tidak sulit. Sebab, lokasinya berada di tepi jalan provinsi, antara Kuningan – Cirebon di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Jarak dari Kota Kabupaten Kuningan kurang lebih 7 km ke arah utara, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.