Connect with us

Kabar

Sekjen PBB akan Hadiri KTT G-20 di Bali

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya pada High Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat, Menlu Retno Marsudi telah lakukan pertemuan  dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. Pertemuan dengan Sekjen PBB membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk Presidensi Indonesia di G20.

Menlu RI menjelaskan, dikutip dari Rilis Kemlu Senin (19/9), mengenai persiapan KTT G20 di Bali 15-16 November 2022. Menlu RI sampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT G20 nanti. Menlu Retno juga sampaikan mengenai pentingnya KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia.

Selain itu, Menlu RI juga melakukan tukar pikiran mengenai perkembangan Myanmar. Keduanya memiliki keprihatinan dan kekecewaan yang sama terhadap Junta Militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk 5 Point of Consensus (5PC) yang telah dimandatkan oleh Pemimpin ASEAN, April 2021. Sekjen PBB  sampaikan kembali dukungannya terhadap 5PC ASEAN. Komunikasi dan koordinasi Indonesia dengan PBB akan semakin intensif mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023.

​Sidang ke-77 Majelis Umum PBB dibuka pada 13 September 2022.  High Level Week (HLW) berlangsung tanggal 20-26 September 2022 di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat. Tema HLW tahun ini adalah “A watershed moment: transformative solutions to interlocking challenges”.***/uli

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *