Sekda Muhammad, Inspirasi Tangsel

 Sekda Muhammad, Inspirasi Tangsel

SEKDA Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) terisi sudah. Pejabat yang berhasil unggul dalam berbagai ajang tes kemampuan, adalah putra terbaik Tangsel, Drs H. Muhammad, MSi. Baru-baru ini, ia dilantik oleh Walikota Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, disaksikan Wakil Walikota Drs. H. Benyamin Davnie, MSi, serta unsur Muspida dan masyarakat Tangsel.

Dahulu itu…

Kota Tangsel adalah bagian dari Kabupaten Tangerang. Konidis kemacetan akut di Ciputat, serta banyaknya kasus wilayah yang lambat terselesaikan karena jauhnya pusat pemerintahan, menimbulkan kegelisahan sejumlah tokoh masyarakat. Tahun 1999, muncullah benih-benih pemikiran untuk membentuk daerah otonom. Itu artinya, melepaskan diri dari Kabupaten Tangerang, dan membentuk kotamadya sendiri.

Melalui, aksi gelas poster, menulis di media massa, menggelar seminar, serta pendekatan ke para elite politik, jalan ke arah otonom belum juga membuahkan hasil. Tak kurang dari tujuh tahun, tepatnya 2006, barulah DPRD Kabupaten Tangerang setuju gagasan pemekaran. Sedangkan, untuk resmi menjadi kotamadya, diperlukan waktu dua tahun. Alhasil, 29 Oktober 2008, berdirilah Kotamadya Tangerang Selatan.

Dan, selama itu pula, putra terbaik Tangsel belum ada yang menduduki posisi strategis. Karenanya, terpilihnya Muhammad menjadi Sekda Kota Tangsel, benar-benar membanggakan. “Kerinduan kami selama sewindu terbayar sudah dengan dilantiknya Muhamad menjadi Sekda,” ungkap sejumlah ulama, tokoh masyarakat maupun para pendiri Tangsel, usai menghadiri pelantikan Sekda tersebut.

Begitu suka-citanya rakyat Tangsel menyambut pelantikan Muhammad, sampai-sampai karangan bunga meluber di jalanan. Untuk bisa bersalaman dengan pejabat baru, tak kurang dari dua jam.

Kedudukan Sekda, sangat strategis dalam melahirkan tata kelola pemerintahan yang baik. Karenanya, figur seorang Sekda harus bisa menjadi teladan bagi semua pegawai. Muhamad sukses mengemban posisi pejabat pelaksana tugas (Plt) Sekda Kota Tangerang Selatan. Antara lain sukses mengawal Pilkada dan merampungkan pembahasan APBD 2016.

Sebagai jebolan STPDN, dia meniti karier dengan cemerlang. Ia sukses mengawali karier PNS sebagai staf, kemudian disusul sukses-sukses berikutnya sebagai Kasubag, Sekmat, camat, Kabid, dan Kepala Dinas. Muhamad juga dikenal santun, kaya hati, selalu  memegang teguh amanah. Dia juga selalu menjaga dan merawat tali silaturahmi dengan masyarakat Tangsel. Lebih dari segalanya, ialah inspirasi pemuda Tangsel. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *