Connect with us

Entertainment

‘Saranjana: Kota Ghaib’, Berhubungan dengan Benua Atlantis yang Hilang?

Published

on

Sutradara dan seluruh kru film 'Saranjana : Kota Ghaib' (foto DHF)

JAYAKARTA NEWS— Ingat benua Atlantis yang hilang dan tenggelam 200 meter di bawah permukaan laut?

Atlantis yang hilang dalam satu malam terjadi 11.600 tahun silam memiliki peradaban maju dan tenggelam akibat kemarahan para Dewa.

Menurut hipotesa para ahli di dunia Barat, benua Atlantis ada di Eropa Utara (termasuk Swedia) hanya mitos yang dibuat oleh filsuf Junani kuno, Plato untuk mengilustrasikan teori politiknya dalam 2 karya bukunya berjudul ‘Timaeus’ dan ‘Critias’.

Dan yang menggegerkan, benarkah benua Atlantis itu ada di Indonesia yang dikaitkan dengan meletusnya Gunung Krakatau purba yang menggelapkan seluruh dunia, menewaskan 20 juta manusia dan terbukanya Selat Sunda serta memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera ?

Wallahu alam bissawab.

Bagaimana dengan film ‘Saranjana: Kota Ghaib’ (di poster dan lolos di LSF beristilah ‘ghaib’ dan bukan ‘gaib’) ?

Dalam film produksi DHF Entertainment ini, masyarakat Kalimantan Selatan khususnya daerah Kotabaru, Saranjana ini digambarkan memiliki peradaban yang maju dan modern. Dan tenggelam di dasar laut.

Banyak makhluk air yang mistis berseliweran di film ini, superi kuyang, anak Sima, pocong Rawa dan tari Batopeng. “Syuting 95 % seluruhnya full di Kalsel. Kenapa ada pocong Rawa? Karena zaman dulu ada pemakaman bawah air dan memang ada. Tradisi ini dilakukan oleh orang Nagara saat musim hujan,” ujar sutradara Johansyah Jumberan yang menjadikan ‘Saranjana’ menjadi debutnya.

“Selain akan membuka gerbangnya 26 Oktober 2023 dan juga akan tayang di beberapa negara jiran seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam,” imbuh Johansyah.

Kisahnya berawal saat band Signifikan asal Jakarta menghelat tur konser di Kotabaru, Kalsel. Sang vokalis, Shita menghilang secara misterius. Mencari informasi, personel band lainnya meyakini bahwa Shita berada di Saranjana, kota ghaib dibawah air yang punya peradaban maju dan modern.

Dalam tempo 7 hari mereka pun harus melakukan petualangan yang penuh kejadian horor dan mistis. Sang vokalis harus dibawa pulang kembali.

Film yang mengangkat urban legend ini dibintangi oleh Adinda Azani, Lutfi Aulia, Irzan Faiq, Betari Ayu, Ajeng Fauziah, Gusti Gina, Ananda George dan beberapa aktor lokal Kalsel yang mengambil peran penting seperti Putri Intan Kasela, Fauzi Rahman, Acil Imas, M Sajad dan Dhiki Sinanang

OST film ini berjudul ‘Saranjana’ diciptakan oleh JEFBanjar, band lokal asal Kalsel. Ada beberapa lagu yang juga jadi scoring film, total ada 4 lagu : 3 judul berbahasa Banjar dan 1 nomor berbahasa Inggris.
Ternyata, sebelum perilisan film, ‘Saranjana : Kota Ghaib’ menjadi trending di twitter dan medsos Tiktok. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *