Sandiaga Uno: Ragunan itu Destinasi Favorit Masyarakat yang Tidak Mudik

 Sandiaga Uno: Ragunan itu Destinasi Favorit Masyarakat yang Tidak Mudik

Ragunan menjadi destinasi favorit masyarakat yang tidak ikut mudik lebaran. (Kemenparekraf)

JAYAKARTA NEWS – Jika Anda tidak mudik, bisa isi liburan dengan berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, TMR siap menyambut lonjakan wisatawan saat libur lebaran 2022. Jayakarta News mengutip dari Laman Kemenparekraf, Minggu (1/5/2022).

Kata Sandiaga,  Ragunan itu menjadi destinasi favorit masyarakat yang tidak ikut mudik lebaran. Lantaran lokasinya strategis di tengah ibu kota. “Perlu kesiapan yang matang untuk menyambut wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan berekreasi bersama keluarga,” ujar Sandiaga seusai meninjau TMR, Sabtu.

“Karena ini juga destinasi andalan di DKI Jakarta, target dari Kadis di hari pertama lebaran adalah  45 ribu pengunjung yaitu 75 persen dari kapasitas sebanyak 60 ribu. Kita harapkan semua menerapkan protokol kesehatan,” katanya lagi.  

Reservasi Online

Sama seperti Ancol, TMR juga menerapkan sistem reservasi secara online. Jadi, masyarakat yang ingin membeli tiket masuk kebun binatang disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan. Pendaftaran akan dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah pengunjung 45 ribu orang terpenuhi.  

Foto: Kemenparekraf

Menteri memastikan destinasi yang memiliki 2.294 satwa dari 220 jenis satwa ini,  siap menampung masyarakat yang hendak berwisata saat libur lebaran 2022 di Jakarta.  “Kami akan berkoordinasi untuk selalu dipantau agar tidak memunculkan lonjakan kasus COVID-19 baru,” katanya.

“Lebaran ini momentum kita membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, dan lebaran menjadi momentum masuk ke dalam tatanan ekonomi baru kita. Kalau DKI Jakarta siap sekali karena mereka sudah menerapkan digitalisasi. Ini yang menjadi tantangan kita di destinasi wisata di luar Jakarta,” ujarnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan yakni bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Syarat-syarat ketentuan sudah vaksinasi dosis kedua untuk dewasa. Dan anak anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UP Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyatu menjelaskan, jumlah kunjungan sampai saat ini ke TMR ada 2.200 pengunjung. Untuk menarik pengunjung pada musim libur lebaran ini, pihak pengelola akan menghadirkan berbagai atraksi-atraksi menarik.

Foto: Kemenparekraf

“Kita akan mengadakan acara feeding time ketupat, jadi makanan-makanan satwa dimasukkan ke dalam tempat berbentuk ketupat, yang nantinya diberikan kepada satwa-satwa seperti gorila, gajah, dan harimau,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga hadir bersama Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata; Kadis Pertamanan dan Hutan Kota Suzi Marsitawati; Kepala UP Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyatu; serta didampingi Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua. ***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.