Connect with us

Kabar

Safari Kebangsaan Danlanud Silas Papare kepada Para Tokoh Papua

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi melaksanakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat dengan tema perkembangan globalisasi dan politik di Obhe Warke Tanah Hitam, Abepura, Jayapura, Kamis (20/5).

Danlanud Silas Papare dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa modernisasi di Papua ini adalah konsep modernisasi yang tetap harus menghormati kearifan lokal, dimana dalam setiap pembangunan ekonomi oleh pihak swasta diharapkan dapat memberdayakan tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

“Harapannya dengan membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitarnya, mereka dapat belajar meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bekerja, sehingga dengan demikian masyarakat nantinya dapat mengembangkan diri, dan mampu mandiri serta berperan aktif dalam pembangunan ekonomi di Papua,” tambah Danlanud.

Selanjutnya Danlanud akan menyarankan pertemuan-pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua dapat dilaksanakan di Obhe-obhe, hal ini kami rasa penting untuk mendengar suara hati dari tokoh masyarakat sehingga kami sebagai pejabat pelayan masyarakat dapat mengerti keinginan masyarakat dan menyatukan visi dalam membangun Papua.

“Bukan kemewahan yang paling penting namun nilai nilai adat dan budaya yang harus kita hormati, sehingga Obhe seperti ini tidak sebatas untuk diskusi dan Para-para Adat, namun sebagi media komunikasi diantara Pemerintah dan Rakyat,” terang Marsma Budhi.

Danlanud menambahkan bahwa setiap penerimaan anggota TNI Angkatan Udara baik Perwira, Bintara dan Tamtama selalu mengakomodir untuk keluarga yang asli Papua, jadi nanti jika ada keluarga anak cucu yang berkeinginan untuk menjadi anggota TNI AU agar dikomunikasikan untuk nantinya kami rekomendasikan.

Hal senda disampaikan mantan Walikota JayapuraManase Robert Kambu bahwa  Pemerintah memiliki tugas untuk memberikan bantuan kepada masyarakat supaya mereka bergerak disektor informal di sektor swasta untuk mengelola potensi yang ada di sekitarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kadisops Lanud SPR Kolonel Nav Endra Prasetiawan, Kadislog Lanud SPR Kolonel Kal David Alwi, Kabinpotdirga Lanud SPR Letkol Sus Frans Rohrohmana, S.Th, Pekas Lanud SPR Letkol Adm Tulus Mujiono, Kapen Lanud SPR Mayor Sus R. Rindar Noor A., S.Sos, Ketua LMA Provinsi Papua George Awie, Mantan Walikota Jayapura.

Manase Robet Kambu, Tokoh Adat Papua Taha Alhamid, Ketua DAP Leo Imbiri, Ketua Klasis GKI Papua Port Numbay Pendeta Karlos Mano, Ketua KKSS Provinsi Papua Dr. H. Mansur, SH., MM, Ketua Pemuda Port Numbay Rudi Mebri, Sekretaris LMA Provinis Papua Edy Ohoi Wutun, Ketua Himpunan Jawa-Madura H. Sarminanto. (*/ks)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *