RS China Sukses Gunakan 4D Printing untuk “Cetak Ulang” Payudara

 RS China Sukses Gunakan 4D Printing untuk “Cetak Ulang” Payudara

KABAR menggembirakan datang dari China, terutama untuk para penderita kanker payudara.  Sebuah rumah sakit pendidikan di bawah pengelolaan militer di China, pada hari Selasa (5/6/2017) telah mengumumkan,  dokter setempat telah berhasil “menciptakan kembali” payudara untuk pasien kanker dengan  menggunakan pencetakan 4D.

Operasi terhadap penderita kanker payirara tersebut telah dilakukan pada  8 Agustus 2016. Ternyata, payudara  tercetak telah tumbuh dengan baik dengan jaringan pasien sendiri, kata Ling Rui. Ling adalah dokter spesialis  bedah vaskular di Fourth Military Medical University di  Xi’an, Xincheng, Provinsi Shaanxi, China.

Sebelum menjalani operasi, pada tahun lalu pasien tersebut sebelumnya menjalani mastektomi untuk payudaranya yang kiri. “Dibandingkan dengan pencetakan tiga dimensi, pencetakan 4D dalam hal ini menambahkan waktu  sebagai dimensi lain,” kata Ling Rui.

Untuk tindakan tersebut, sebelumnya dokter mengumpulkan data tentang ukuran tumor dan payudara aslinya, dan merekonstruksi payudara yang dapat terurai secara bio. Implan ini kemudian dikembangkan oleh rumah sakit dengan laboratorium  Universitas Xi’an Jiaotong.

“Ini cukup kuat, dan akan terdegradasi dalam periode yang dirancang, yaitu dalam kasus pasien tersebut untuk satu sampai dua tahun,” kata Zhang Juliang, asisten profesor di Rumah Sakit Xijing yang ikut berpartisipasi dalam operasi tersebut.

Sifat keropos payudara 4D tersebut, memungkinkan jaringan manusia tumbuh ke dalam implan dan akhirnya menggantikannya, kata Zhang.

“Dalam sepuluh bulan sejak operasi, implan telah tumbuh dengan baik, dan pembuluh darah pasien dan jaringan sudah mulai tumbuh kembali,” kata Ling.

Dibandingkan metode rekonstruksi payudara yang ada, lanjut Ling, metode ini memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *