Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara

 Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara

ROADSHOW Festival Film Kawal Harta Negara 2017, adalah rangkaian kegiatan pasca peluncuran festival tersebut di Jakarta, sebelumnya. Roadshow pertama digelar di Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/3).

Roadshow dibuka Wakil Ketua BPK, Sapto Amal Damandari dan dihadiri Sekjen BPK, Hendar Ristriawan, Program Manager USAID-CEGAH, Ary Nugroho, para pejabat BPK dan USAID, serta peserta festival dari kalangan mahasiswa/pelajar dan umum. Acara roadshow diisi berbagai kegiatan seperti Talkshow dengan BPK, workshop film dengan sineas Lola Amaria, serta workshop pembuatan video Citizen Journalism bersama NET TV dengan narasumber Dewi Laila Sari.

Festival film ini berupaya mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar/mahasiswa, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk membuat film yang menggambarkan tentang tugas dan kewajiban dalam mengawal harta negara. “Dengan demikian peningkatan kapasitas komunikasi BPK dalam menyebarluaskan fungsi dan peran BPK dapat terwujud,” jelas Wakil Ketua BPK dalam sambutannya.

Wakil Ketua BPK Sapto Amal Damandari saat membuka Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara 2017, di Magelang.

Pada Festival Film Kawal Harta Negara 2017, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video citizen journalism, dan iklan layanan masyarakat (public service announcement/ PSA). Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umum. Pengiriman karya peserta telah dimulai sejak 14 Maret 2017 dan ditutup pada 7 Juli 2017.

Selain kompetisi film, Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada. Peserta yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan dana produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman, sekaligus diikutsertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2017. Dari kegiatan pertama di Jakarta, telah terpilih dua orang dengan ide cerita terbaik kategori fiksi dan dokumenter.

Roadshow selanjutnya dari Festival Film Kawal Harta Negara ini akan digelar di Ternate, Medan, dan Malang. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses di: http://www.bpk.go.id/news/kompetisi-film-kawal-harta-negara. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *