Connect with us

Kabar

Ribuan Umat Islam Bali Bersihkan Sampah Pantai Kuta

Published

on

Wakil Ketua Umum MUI Bali H. Masrur Makmur dan Anggota Dewan Pertimbangan MUI Bali H. Bambang Santoso bersama sebagian kecil peserta aksi bersih sampah di Pantai Kuta Sabtu, 9 September 2023/foto: istimewa

KUTA, JAYAKARTA NEWS – Ribuan umat Islam Bali membanjiri Pantai Kuta. Mereka memungut beragam jenis sampah, terutama limbah plastik, di pesisir destinasi utama pariwisata tersebut.

“Data kami sampai subuh tadi tercatat 1.908 orang terjun membersihkan sampah di sepanjang Pantai Kuta,” ungkap Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali, Ir. H. Shaleh Purwanto, kepada jayakartanews.com, Sabtu, 9 September 2023, kemarin, pada sela kegiatan tersebut.

Ribuan orang yang melakukan aksi bersih sampah itu terbagi dalam sejumlah cluster. Cluster paling selatan memungut sampah di sepanjang pantai seberang Hard Rock Hotel. Sebagian lain terbagi dalam cluster masing-masing hingga ujung utara pantai seberang barat Alam Kulkul Villas and Resort.

Shaleh Purwanto menambahkan, aksi bersih sampah ini diinisiasi MUI Bali. Motor penggeraknya LPLH SDA. Semula pihaknya merencanakan lokasi kegiatan pelestarian lingkungan ini dilakukan di Lapangan Puputan Margarana atau Lapangan Renon di Denpasar. Namun, rencana ini berubah menyusul adanya informasi mengenai cukup tinggi volume sampah plastik yang memerlukan perhatian di wilayah sepanjang pantai Kuta. “Kami ubah rencana dari Lapangan Renon ke Pantai Kuta,” tukas pakar budi daya ikan lele ini.

Aksi bersih sampah tersebut diikuti kelompok usia dewasa, termasuk remaja, bahkan anak-anak. Kepada jayakartanews.com, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Bali, Ir. Hj. Sari Prasetia Angkasa, menuturkan, organisasi perempuan Muhammadiyah yang dipimpinnya menerjunkan tak kurang 450 orang. “Ini bukan hanya pengurus PWA, juga guru, orangtua, serta murid TK/PAUD yang ada di lingkungan Aisyiyah,” jelasnya didampingi Wakil Ketua PWA Bali, Ir. Hj. Takwalin.

Secara khusus Sari Prasetia menambahkan, PWA Bali sengaja melibatkan anak usia dini dalam kegiatan tersebut. Misinya, lanjutnya, untuk menanamkan kesadaran tentang hidup bersih dari sampah kepada kaum bocah. “Anak-anak diikutsertakan dalam aksi bersih sampah ini pun sejalan dengan program pemerintah tentang manajemen pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang dimulai dari prinsip pengelolaan sampah ‘3R’, yaitu reuse, reduce, recycle,” papar puteri bontot pahlawan nasional asal Yogyakarta Edhi Sunarso ini.

Ketua Umum MUI Bali, K.H. Mahrusun Hadyono, mengungkapkan apresiasi atas kerja keras pengurus MUI di Pulau Dewata terhadap program pelestarian atau pemuliaan lingkungan hidup. Hal ini diyakinkan sejalan dengan pandangan Islam yang menekankan kebersihan itu sebagian dari iman. “Bersih tidak hanya jasamani dan rohani, juga bersih lingkungan, termasuk Langkah nyata terjun bersama-sama membersihkan pantai Kuta ini,” tukas Kyai Mahrusun.

Wakil Ketua Umum MUI Bali, Dr. Masrur Makmur, M.Pd., mengingatkan pentingnya kontribusi umat Islam di Bali dalam memuliakan lingkungan alam Bali. Menurutnya, upaya memuliakan alam Bali menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk umat Islam.

Sabda Rasulullah tentang kebersihan sebagian dari iman dikutip pula Masrur Makmur. Pengusaha sukses ini mengaitkan pula pentingnya kebersihan jati diri dan lingkungan guna menunjang kemajuan pariwisata Bali. “Pariwisata itu memerlukan kebersihan. Dalam lingkungan bersih ada keindahan. Inilah yang menarik kunjungan wisatawan,” tandasnya.

Apresiasi sebagaimana diutarakan Kyai Mahrusun juga disammpaikan Sekretaris Umum MUI Bali, Drs. H. Ismoyo S. Soemarlan, M.Par., CHIA. Apresiasi ditujukan kepada seluruh umat Islam di Bali atas dukungan yang diberikan guna melancarkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut. Ini menunjukkan umat Islam di Bali kompak bersama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Bali untuk senntiasa komit menjaga kelestarian alam daerah ini.

Pemerintah Kecamatan Kuta pun menaruh respek atas partisipasi aktif umat Islam yang diinisiasi MUI Bali untuk membersihkan sampah di pantai Kuta. Anom Warniti yang hadir mewakili Camat Kuta mengingatkan agar aksi serupa yang simpatik ini dapat diikuti pula oleh masyarakat lainnya.

Kegiatan bersih sampah tersebut tak hanya dibanjiri ribuan umat Islam. Tampak pula sejumlah tokoh masyarakat, termasuk anggota MPR/DPD RI H. Bambang Santoso. Kehadiran Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bali I Made Teja. (Syam Kelilauw)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *