Ribuan Pengungsi Semeru Masih Menanti Hunian Baru, Indonesia Care dan LFU Serahkan Kunci Huntara

 Ribuan Pengungsi Semeru Masih Menanti Hunian Baru, Indonesia Care dan LFU Serahkan Kunci Huntara

Indonesia Care dan LFU Serahkan Kunci Huntara/foto: humas

JAYAKARTA NEWS— Sudah dua setengah bulan para pengungsi menanti hunian, proses pembangunan masih terus berlangsung oleh sejumlah NGO dan pemerintah.

Pembangunan banyak terhambat faktor cuaca dan dukungan air bersih serta listrik. Namun hal itu tak menyurutkan langkah para relawan konstruksi dari sejumlah lembaga kemanusiaan dan pemerintah kabupaten Lumajang berjibaku meneruskan pembangunan.

Banyaknya kendala di lokasi relokasi pemerintah kabupaten di Sumber Mujur, kecamatan Candipuro membuat sejumlah lembaga membangun di luar kawasan tersebut demi untuk mempercepat perpindahan para pengungsi ke hunian baru.

Program pembangunan huntara untuk pengungsi Semeru/foto: humas

Hal ini juga dilakukan oleh lembaga kemanusiaan Indonesia Care bersama Life For Ummah (LFU) yang selama sepekan berjibaku siang malam membangun hunian titipan para donatur. “Alhamdulillah hari Minggu (13/2) pembangunan tiga unit hunian telah selesai dan telah diserahterimakan kepada para pengungsi,” ujar MR Warang Agung, Kepala Wilayah Indonesia Care Jawa Timur sekaligus pimpinan program pembangunan Huntara Indonesia Care.

Saat ini, lanjut Warang, pihaknya telah berhasil menyelesaikan pembangunan tiga unit huntara untuk tiga kepala keluarga terdampak Semeru hasil donasi dari dermawan Life For Ummah yang berpusat di Malang.

Selanjutnya, imbuh Pengurus Korps Alumni HMI (KAHMI) Banyuwangi tersebut, pihaknya tengah melanjutkan dua program pembangunan yaitu MCK dan Satu huntara donasi dari KAHMI. “Ditargetkan kali ini bisa selesai dalam 5 hari kedepan,” tegas Warang, Senin (14/5) dalam keterangan tertulisnya.

Percepatan yang dilakukan ini semata-mata agar para pengungsi bisa segera mendapatkan tempat hunian yang nyaman sebelum Ramadhan tiba.

Secara terpisah, Direktur Life For Ummah, Faruq Naufal mengapresiasi cara kerja relawan konstruksi Indonesia Care yang siang malam tiada henti mengejar penyelesaian pembangunan. ” Insya Allah kita akan sinergi terus bersama Indonesia Care. Kami ucapkan terima kasih juga kepada para dermawan yang telah berpartisipasi membantu,” imbuhnya.

Faruq masih terus mengajak para dermawan untuk tidak berhenti membantu. “Masa ribuan jiwa yang belum memiliki tempat tinggal,” ungkapnya.

Direktur eksekutif Indonesia Care Lukman Azis turut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan lembaga-lembaga kemanusiaan, komunitas dan perusahaan serta individu yang telah menitipkan amanahnya ke Indonesia Care untuk membangunkan hunian bagi pengungsi.

“Kami juga baru saja menyalurkan donasi dari Majelis Wilayah Kahmi Jawa Timur untuk pemberdayaan ekonomi dengan penyiapan peralatan kerja pembuatan Batako bagi warga terdampak,” ungkapnya.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.