Resmi Berdiri, Koperasi Baraya Pandeglang Sejahtera

 Resmi Berdiri, Koperasi Baraya Pandeglang Sejahtera
Kepala Dinas Koperasi dan jajaran beserta tim notaris saat menghadiri pembentukan Koperasi Baraya Pandeglang Sejahtera di Villa Bukit Pulosari Kampung Parakantelu Desa Curugbarang Kecamatan Cipeucang, Minggu (11/2). Foto: Andang S.

ORGANISASI Massa (Ormas) Baraya Pandeglang, Banten merupakan organisasi yang bergerak di bidang ekonomi, pembangunan, sosial dan budaya (Ekbangsosbud). Kini ormas tersebut mendirikan Koperasi Serba Usaha (KSU), sebagai wadah usaha menggalang dana yang nantinya akan digunakan antara lain untuk kegiatan santunan sosial. Pendirian koperasi dilaksanakan di Villa Bukit Pulosari, Kampung Parakantelu, Desa Curugbarang, Kecamatan Cipeucang, Pandeglang, Minggu (11/2).

Hadir pada acara itu unsur pengurus dan anggota. Pendirian koperasi itu pun langsung diketahui Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pandeglang, H Firman Abdul Kadir dan jajarannya, serta hadir pihak notaris.

Di hadapan pengurus dan anggota Koperasi Serba Usaha Baraya Pandeglang Sejahtera, Firman berharap setelah berdiri koperasi ini dapat berjalan dengan baik sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap anggotanya dan kesejahteraan bagi warga Pandeglang pada umumnya. “Didirikannya koperasi ini kan tentunya atas dasar komitmen bersama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Karena itulah asas koperasi,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, yang terpenting jika sebuah koperasi ingin cepat eksis tentu dibutuhkan penghimpunan permodalan dari anggota. “Ya tanpa modal yang tersimpan dari anggota, koperasi tidak akan jalan. Oleh karenanya permodalan koperasi akan ditentukan dari besaran simpanan pokok dan simpanan wajib anggota. Pengurus koperasi juga harus memiliki sifat amanah, jujur, dan bertanggung jawab,” tegas Firman.

Ditambahkan, selama ini banyak koperasi di Kabupaten Pandeglang yang dibekukan izin operasionalnya lantaran miss-management. “Koperasi Baraya ini harus cakap me-manage keuangan jangan seperti 540 lebih koperasi yang dapat Kredit Usaha Tani ( KUT), yang saat ini kondisinya begitu memprihatinkan, lantaran tidak dapat mengembalikan uang negara,” imbuhnya.

Pihaknya juga meyakini jika koperasi dibangun dengan manajemen yang baik, tentu dengan sendirinya akan kredibel dan akuntabel. Karena pelaku usaha di negeri ini selain Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta, koperasi pun merupakan salah satu badan usaha yang dapat dikategorikan sebagai pelaku usaha. Dalam menjalankan usahanya koperasi dapat menggandeng para pelaku usaha lainya seperti pelaku usaha UMKM. “Semoga Baraya Pandeglang Sejahtera bisa mengakomodir setiap pelaku usaha UMKM di Kabupaten Pandeglang,” tuturnya.

Sementara di tempat yang sama Pengawas Koperasi Baraya Pandeglang Sejahtera, Tb Sulaeman didampingi Ir Rizky Herdian menyatakan kesiapannya untuk memajukan koperasi dan membesarkan Ormas Baraya Pandeglang. “Selama koperasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan warga Pandeglang kami siap bekerja lebih pro aktif demi kemajuan koperasi. Dan untuk ormas Baraya semoga hadirnya ormas ini dapat berperan serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kemajuan dan kemakmuran bagi warga Pandeglang,” tutup Sulaeman. ***

Suasana pembentuikan Koperasi Baraya Pandeglang Sejahtera. Foto: Andang S.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.