Connect with us

Entertainment

Ratusan Penonton Padati Event International Mask Festival 2022 

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Hari kedua International Mask Festival 2022 berlangsung ramai dengan ratusan penonton. Cuaca yang cerah dan bersahabat, pengunjung antusias untuk menyaksikan pergelaran tersebut. Hal ini terlihat dari panjangnya antrian di gerbang open gate, tercatat 700 orang yang hadir dalam acara malam ini.

Penampilan perdana disajikan oleh Athanasios Yanuari Christyawan (Yogyakarta) dengan judul “Hormat Bagi Sang Guru”.  Tarian yang dibawakan bercerita tentang penghormatan kepada guru sang penari, serta tarian ini menggambarkan keteladanan sang guru. Sikapnya yang halus serta dapat mengendalikan diri menjadi contoh bagi banyak orang, sehingga penampilan pertama ini sangat memiliki banyak filosofi di balik tariannya.

Tidak hanya itu, penampilan dari dalam negeri juga dibawakan oleh Sanggar UKM SEBA UNKHAIR (Maluku Utara), Kemantren Langenpraja (Solo), Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kab. Pati), Toto Sudarto, S.Kr., M.Hum. (Karanganyar), Uti Setyastuti (Yogyakarta), Sanggar Tari Beber (Majalengka), Sanggar Tari Bonoroto (Solo)Darmawan Dance Company (Yogyakarta), dan Agung Dancing Center (Klaten). 

cristina duque-ekuador

Pada puncak acara International Mask Festival 2022 tentunya tidak hanya menampilkan tarian dari dalam negeri, melainkan juga dari mancanegara salah satunya penampilan dari Norisham Osman dari The Kaizen M.D Collective (Singapura) yang berjudul “IN ESSENCE”. Tarian ini menggambarkan pengejawantahan budaya yang diwujudkan dalam wadahnya dan membangkitkan emosi ketidakpastian. Selain itu penampilan dari luar negeri juga ditampilkan oleh Sirisook Dance Theater (Thailand) dan Cristina Duque (Ekuador).

Wakil Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa,  menyampaikan, “Saya berharap untuk pelaksanaan IMF pada tahun depan bisa lebih luar biasa dan spektakuler baik dalam sisi penyelenggaraan pertunjukan maupun pameran kerajinan topengnya. Saya berpesan untuk lebih melibatkan seniman-seniman muda agar muncul ide-ide dan kreatifitas yang semakin segar serta regenerasi seniman dan budayawan akan terus berlanjut.” 

Keseruan puncak acara IMF hari kedua semakin pecah dengan adanya penyajian flashmob dance. Para delegasi dan panitia turut berpartisipasi di dalam tarian flashmob ini untuk menutup rangkaian acara IMF 2022.***/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *