Puluhan Mumi Kucing Ditemukan di Mesir

 Puluhan Mumi Kucing Ditemukan di Mesir

Para ahli arkeologis menemukan puluhan mumi kucing dan lebih dari seratus patung kucing di kuburan kuno Mesir, tepatnya di perkuburan kuno Saqqara, Sabtu (10 November 2018) lalu.

Para arkeolog, yang masih sibuk menggali kuburan kuno, menemukan banyak sekali bukti-bukti baru bangsa Mesir kuno ternyata sangat menyukai kucing dan me-mumi-kan mereka ketika kucing kesayangannya mati.

Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengumumkan tim arkelogis telah berhasil membuka kuburan, berusia 4.500 tahun, di dekat Kairo dan menemukan puluhan mumi kucing. Di kuburan ini juga ditemukan lebih dari 100 patung kayu kucning dan patung dewa kucing, terbuat dari perunggu, Bastet.

Penemuan baru ini terletak di perkuburan Saqqara, di kota kuno Memphis. Kompleks perkuburan ini dibangun pada masa Dinasti kelima Kerajaan Kuno. Selain itu, para arkeolog juga telah menemukan perkuburan lain di dekatnya dan perkuburan ini pintunya masih disegel — memberi pertanda isinya belum disentuh tangan manusia selama berabad-abad.

Kementerian Kepurbakalaan berharap, dengan pengumuman ini, akan lebih banyak menarik wisatawan mancanegara, yang jadi salah satu penggerak ekonomi penting Mesir. Negeri ini mengalami kemunduran besar dalam turisme sejak 2011 lalu, saat Presiden Hosni Mubarak digulingkan dalam protes.

Masyarakat Mesir kuno memang memandang kucing itu suci, kendati tidak pernah memuja mereka, ujar Antonietta Catanzariti, curator Smithsonian Sackler Gallery. “Aoaka yang mereka lakukan adalah mengamati tingkah laku (kucing),” ujarnya. Dia juga menjelaskan warga kuno Mesir kemudian membuat dewa-dewi berdasarkan pengamatan mereka itu — termasuk hewan-hewan seperti anjing, buaya, ular, dan banteng.

Kendati mumi kucing sangat menarik, Catanzariti menyebutkan me-mumi-kan kucing merupakan praktek yang biasa dilakukan oleh orang Mesir kuno. “Pada tahun 1890-an, orang-orang dari Inggris datang ke Mesir dan mengumpulkan semua mumi kucing. Bahkan satu kali kargo bisa sampai 180.000 mumi,” tambahnya.

Mungkin karena itulah, Kementerian Kepurbakalaan memberitakan besar-besaran mengenai mumi kumbang besar, yang juga mereka temukan di perkuburan itu. Kumbang ini diselimuti dengan kain dan dalam kondisi bagus. Mereka ditempatkan di peti batu (sarkofagus) yang dihiasi oleh gambar-gambar kumbang.

“Mumi kumbang benar-benar unik. Ini sangat jarang,” tukas Motafa Waziri, sekjen Makamah Kepurbakalaan Mesir. “Beberapa hari lalu, ketika kami menemukan dalam peti. Peti itu disegel dengan gambar-gambar kumbang. Saya belum pernah melihat ini sebelumnya.”

 

Sumber informasi: npr.org dan reuters.com

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *