Program Kasuari Survey Lokasi Kandang Babi di Kabupaten Puncak    

 Program Kasuari Survey Lokasi Kandang Babi di Kabupaten Puncak    

Program Kasuari Satgasres Binmas Noken Ops Damai Cartenz survey lokasi kandang babi di Kabupaten Puncak (Binmas Noken Papua)

PAPUA, JAYAKARTA NEWS – Personel Satgas Binmas Noken Papua Ops Damai Cartenz terus gulirkan program  Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari). Program yang  fokus meningkatkan kesejahteraan keluarga ini,  Selasa (15/03/2022),  lakukan  survey lokasi kandang babi di Wuringgame,  Kampung Kago Distrik Ilaga.

Rencana pembangunan kandang babi,  selain membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan,   juga untuk  menjaga hubungan silahturami tetap terpelihara dengan baik.   “Kegiatan ini disambut positif  Kepala Suku Bapak  Yarinus Hagabal di Wuringgame, Kampung Kago,”  jelas  Iptu Yonias Purwanto.  

Ketua Tim Program Kasuari Satgasres Binmas Noken Ops Damai Cartenz  ini didampingi   Aiptu Sugiarto, Bripka Firmanu, Brigpol Daharun, Bripda Wrences Rumsifa dan tim medis dari satgas Binmas Noken yang terdiri dari Ipda Abd. Rohman, Bripda B. Syehnam P. Putr, Amd, Kep, Bripda Bahtiar Abdi Sonjaya dan Bripda Ahmaad Ramlean Amd,.Kep.  serta 10 anggota dari Satgas preventive melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab masing masing.

Spot kandang babi akhirnya  disetujui dan disepakati bersama akan dibangun di Wuringgame,  Kampung Kago Distrik Ilaga. Untuk kelengkapan juga   dibangun parit untuk pembuangan kotoran ternak babi sehingga lingkungan kandang tetap terjaga dan bersih. Sebagai wujud rasa persaudaraan, saat itu tim juga  memberikan buah tangan berupa  sembako yang diterima  Yarinus Hagabal.

(Foto: Binmas Noken Papua)

Pada kesempatan itu tim mengharapkan agar hubungan dengan warga semakin akrab sehingga bisa bersama-sama   menjaga kamtibmas. Diharapkan setiap warga bisa   memberikan pengertian kepada keluarga dan masyarakat bahwa yang dilakukan Polri dalam hal ini Satgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 untuk membantu mensejahterakan masyarakat.

Sebelumnya, prgram Kasuari juga digelar  di Kabupaten Nduga. Personel Satgas Binmas Noken Wilayah Nduga yang dipimpin  Kasat Binmas Ipda Murtono, SH, Minggu (13/2)  mengunjungi  peternakan babi milik Semina Tabuni.  Tim Kasuari ini memang rutin lakukan peninjauan dan kali ini dilakukan  untuk memberikan bantuan berupa pakan babi.  “Secara rutin kami lakukan pemantauan dan pembinaan  agar ternak yang dipelihara warga berkembang dan menjadi peternakan babi yang sukses,” ujar Murtono.

Sementara itu Asistensi Program Kasuari,  Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan pihaknya siap   mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Papua. Program Kasuari, jelasnya,  diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor  peternakan, pertanian, perkebunan serta perikanan. (mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.