Connect with us

Kabar

PLN Pulihkan Listrik Usai Gempa Sumbar, 115.077 Pelanggan di  Pasaman Barat Kembali Nikmati Listrik

Published

on

JAYAKARTA NEWS – PT PLN (Persero) berhasil pulihkan aliran listrik 115.077 pelanggan di Kabupaten Pasaman Barat, usai gempa bumi magnitufo 6,2 yang melanda Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/02).

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto menyampaikan apresiasi atas respons cepat PLN dalam upaya menormalkan pasokan listrik di daerah Pasaman Barat usai digoyang gempa.

“Dalam catatan kami banyak bangunan yang mengalami kerusakan baik rusak berat maupun ringan, PLN pun telah menormalkan pasokan listrik. Terima kasih atas kerja keras penuh risiko yang telah dilakukan oleh PLN, bersama kita gerak cepat pulihkan keadaan seperti sediakala,” kata Risnawanto.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengungkapkan, hingga pukul 11:00 WIB, sebanyak 945 gardu atau sekitar 91,48 persen gardu sudah berhasil dinyalakan dan mengaliri listrik untuk 115.077 pelanggan atau sekitar 90,25 persen pelanggan. Dengan mengutamakan keselamatan warga, petugas PLN masih berupaya melakukan perbaikan instalasi listrik yang terdampak gempa agar listrik kembali normal 100 persen.

“Hingga kini masih ada 9,75 persen pelanggan yang listriknya belum dinyalakan karena rumah pelanggan rusak. Namun petugas PLN sudah menyiapkan peralatan dan siap melakukan upaya perbaikan. Beberapa gardu dan penyulang sudah berhasil kami normalkan secara bertahap,” tutur Toni.

Tim PLN UIW Sumbar yang terdiri dari Senior Manager Distribusi Arif Pramudya, Manager UP3 Bukittinggi Zulhamdi Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi Rudi Hamiri, serta Manager PLN ULP Simpang Empat, Dito Nusa Putra menyambangi daerah terdampak berat di Pasaman Barat sembari mengecek kondisi kelistrikan disana.

Arif menuturkan, PLN telah menurunkan tim pemulihan untuk menanggulangi pemadaman, sehingga warga kembali mendapatkan akses listrik khususnya untuk penerangan di malam hari.

Arif menambahkan, PLN terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar untuk memastikan listrik kembali normal dan dinikmati oleh pelanggan.

Menurut dia, PLN selalu sigap dalam menanggapi bencana atau kejadian yang mengakibatkan rusaknya instalasi listrik, meski harus melalui tantangan yang cukup berat.

“Petugas PLN telah berada dilapangan dan melakukan upaya perbaikan sampai benar-benar normal 100 persen. Untuk listrik di lokasi vital seperti Rumah Sakit, Alhamdulillah normal dan kami upayakan kondisi demikian juga untuk seluruh warga Pasaman Barat. Kami ingin pelayanan dan listrik bagi warga yang terdampak gempa tidak terganggu,” imbuhnya. (*/mel)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *