Connect with us

Kabar

Pimpin Ziarah ke Makam Dr. Soetomo, Ini Pesan Gubernur Khofifah pada Warga Jawa Timur

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan warga Jawa Timur khususnya para millenial di Jawa Timur untuk mempedomani tiga cita-cita besar sebagai semangat kebangkitan bangsa yang diusung oleh Perkumpulan Budi Utomo.

Tiga cita-cita tersebut yaitu mewujudkan cita- cita kemanusiaan, membangun bangsa dan negara dalam sebuah kesatuan dan kebersatuan, serta membangun marwah, harkat, dan martabat bangsa.

“Saya ingin me remind kita semua tiga hal besar yang ingin dibangun Dr. Soetomo melalui perkumpulan Budi Utomo. Hal ini sampai sekarang masih sangat relevan untuk dipedomani oleh semua elemen bangsa,” ujar Gubernur Khofifah usai berziarah ke makam Dr Soetomo, di area Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya,Jumat (20/5).

“Ketiganya adalah sesuatu yang secara filosofis sangat mendalam, dan sangat relevan untuk kita jadikan pedoman dalam memaknai momen Kebangkitan Nasional kali ini,” imbuhnya.

Bahkan dalam proses mewujudkan cita-cita tersebut, lanjut Khofifah, Budi Utomo juga memiliki tiga dasar yang menjadi fokus utama dalam perjuangannya. Ketiga dasar itu adalah pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Dengan berpedoman pada tiga dasar tersebut, diharapkan semangat untuk membangun Jawa Timur yang semakin maju akan berseiring dengan slogan Harkitnas tahun 2022 yaitu ‘Optimis Jatim Bangkit’.

“Upaya untuk membangun semangat bersatu dan persatuan kesatuan bagi NKRI adalah bagian penting yang sesuai dengan yang dicita-citakan Dr. Soetomo melalui pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan,” ujar Gubernur Khofifah.

Di akhir, Gubernur Khofifah kembali berpesan bahwa sudah sepatutnya semangat generasi muda di Jawa Timur harus lebih membara dibandingkan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Karena wilayah di Jawa Timur khususnya Surabaya memiliki sejarah tinggi dalam perjuangan kebangkitan bangsa.

“Oleh karena itu dalam semangat Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini, kembali saya ingin mengajak, ‘ayo bangkit bersama’. Maka inspirasi yang harus lebih dulu membangun bangkit bersama adalah arek-arek suroboyo dan arek-arek Jawa Timur ,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ikhtiar ini seiring dengan turunnya berbagai kemudahan dan kesuksesan bagi kita semua dalam membangun Jawa Timur lebih berkemakmuran dan lebih berkeadilan,” pungkas Gubernur Khofifah.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga meninjau secara langsung hasil lukisan dari 10 orang peserta lomba lukis dengan tema Dr. Soetomo dan Surabaya Tempo Dulu. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *