Connect with us

Hankam

Pesawat Keempat C-130J-30 Super Hercules A-1344 Tiba di Tanah Air, Disambut dengan Tradisi Water Salute

Published

on

Pesawat Keempat C-130J-30 Super Hercules A-1344 disambut dengan tradisi Water Salute (Foto: Humas Kemhan)

JAYAKARTA NEWS – Pesawat keempat C-130J-30 Super Hercules TNI AU dengan tail number A-1344 tiba di Tanah Air. Pesawat angkut militer produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) ini telah mendarat dengan sempurna di Apron Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan disambut langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra.

Dikutip dari Rilis Kemhan, saat mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma Senin (22/1), C-130J-30 Super Hercules langsung melaksanakan tradisi water salute sebagai tanda ucapan selamat datang di Lanud Halim Perdanakusuma. Selanjutnya, Wakasau didampingi sejumlah pejabat mengalungkan selempang batik dan memberikan plakat kepada pilot dan crew pesawat. Kegiatan di akhiri dengan refreshment di Ruang Bima, Gedung Pandawa Lanud Halim Perdanakusuma.

Penerbangan ferry pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 ini bergerak dari Marietta – San Diego – Honolulu – Marshal Island – Guam – Lanud Halim Perdanakusuma. Penerbangan ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Kasiopslat Disops Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Pnb Chandra Danang Jaya, dan Kaflight Line 1 Flighthar Skadud 31 Kapten Tek Barry Yoga Patria. Sejumlah personel ahli dari Lockheed Martin turut serta dalam perjalanan ini yaitu Richard Anthony, John Justin, Rolland Mark, dan Robert John.

C-130J-30 Super Hercules ini merupakan pesawat keempat dari total lima unit pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk memperkuat TNI AU. Tiga pesawat sebelumnya telah tiba pada bulan Maret, Juni, dan Agustus 2023 untuk memperkuat Skadron Udara 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma.

Pesawat C-130J-30 dipersiapkan untuk melakukan berbagai misi angkutan udara baik Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang. Pesawat ini juga merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya dengan menggunakan teknologi glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop dengan kecepatan mencapai 410 MPH atau 356 KTAS. Pesawat C-130J-30 Super Hercules dipilih oleh Kementerian Pertahanan karena sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki wilayah sangat luas dan banyak runway pendek.

Rencananya, pada minggu ini pesawat keempat C-130J-30 akan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Pesawat kelima (A-1342) rencananya akan tiba di bulan April 2024.

Turut hadir dalam acara penyambutan tersebut Pangkoopsudnas, Pangkoopsud I, Asops Kasau, Asrena Kasau, Aslog Kasau, Kadisadaau, Kadisaeroau, Danlanud Halim Perdanakusuma, dan Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *