PDIP Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara, Puan: Ketahanan Pangan dan Kedaulatan Pangan Penting

 PDIP Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara, Puan: Ketahanan Pangan dan Kedaulatan Pangan Penting

Festival ikan bakar nusantara/foto: PDI Perjuangan

JAYAKARTA NEWS— PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sajian Kuliner Nusantara ‘Mustika Rasa’ dalam rangakaian Bulan Bung Karno (BBK) 2022 di Hall B JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri hadir di acara pembukaan ajang tersebut melalui virtual. Di lokasi, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto hadir bersama Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP bidang Politik, Puan Maharani, serta Ketua DPP lainnya seperti Ribka Tjiptaning dan Rokhmin Dahuri. Hadir juga Wasekjen PDIP Sadarestuwati dan Ketua Panitia BBK 2022 Andreas Hugo Pareira.

Dalam sambutannya saat pembukaan, Puan mengatakan, bahwa Bung Karno sejak dahulu memang melihat kekayaan resep kuliner Indonesia.

“Bung Karno sejak dulu sudah melihat kejayaan kuliner Nusantara sehingga beliau menginisiasi pengumpulan berbagai resep kuliner dari berbagai daerah dan dijadikan dalam satu buku Mustika Rasa,” kata Puan.

“Kalau kita lihat buku Mustika Rasa, itu komplit banget. Yang enggak bisa masak juga jadi bisa masak. Karena bisa pakai ini, bisa pakai ini, jumlah lnya segini, segini. Terus ada kalau motong itu ada miring, ada lurus, ada kotak, ya suka-suka. Biasanya kan ada sesuai selera. Itu komplit di buku itu,” tambahnya.

Puan menjelaskan, bahwa acara ini dibuat sekalian untuk menegaskan pentingnya menjalankan ketahanan pangan untuk mengantisipasi dampak global termasuk perang Rusia-Ukraina.

“Saya tanya kenapa bikin acara resep Mustika Rasa dan bakar ikan bersama? Karena apa? Sekarang itu ketahanan pangan, kedaulatan pangan, penting sekali, apalagi di saat perang Rusia dan Ukraina ini,” ungkap Puan.

Puan menambahkan, Presiden Jokowi telah mengingatkan bahwa sejumlah negara mulai kekurangan bahan pangan akibat dampak global tersebut.

“Semua negara itu kan kemarin waktu yang datang di Rakernas disampaikan ketum dan Pak Jokowi, Pak Presiden, sekarang itu negara-negara itu kekurangan terkait dengan pangannya. Bahkan sudah ada negara-negara yang tidak mau mengeluarkan makanan atau bahan pangan itu untuk diekspor karena disimpan negaranya,” tuturnya.

Dalam acara itu, Puan sempat ikut membakar ikan, yang dapat dinikmati kader dan masyarakat yang berada di JCC.

Sementara, Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani menambahkan, bahwa Festival Bakar Ikan Nusantara juga akan menghadirkan seminar atau bedah buku ‘Mustika Rasa’, dan talk show ikan sebagai sumber protein dengan ahli gizi.

Tak hanya digelar di JCC, Sukamdani juga menyebut, bahwa acara ini turut digelar di 451 kabupaten/kota dengan jumlah peserta masing-masing minimal 150.

“Jadi totalnya 67.856 peserta dan juga diikuti diikuti oleh 34 DPD,” kata Sukamdani.

Yanti juga menyebut, acara ini juga diikuti oleh para tukang bakso terutama bakso ikan.

“Ikan itu menjadi komponen yang sangat penting. Karena sekarang Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) mengatakan bahwa kuliner atau makanan itu nanti sudah menjadi hal yang sangat penting. Dan maksud dan tujuan daripada acara ini untuk mempromosikan makanan-makanan yang tidak hanya beras tapi juga non beras,” jelas Wiryanti.

Di acara tersebut, dihadirkan juga persembahan dari para artis Nusantara seperti Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Andre Hehanussa, Nico Siahaan, Lita Zein, yang dikoordinasi oleh BKNP PDIP. (din)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.