Connect with us

Kesehatan

‘Patah Hati’ Bikin Bush Harus ke Rumah Sakit?

Published

on

 

Mantan Presiden Amerika Serikat George W.H.Bush dan mantan Ibu Negara Barbara Bush dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kogregasi Israel di Houston, Maret 2017. (Foto: Steve Gonzales/AP, File)

 

KITA pernah mendengar,  seseorang jatuh sakit atau meninggal, tidak lama  setelah kehilangan pasangan hidupnya.

Apakah karena patah hati? Stres mungkin tidak bisa disalahkan untuk mantan Presiden George H.W. Perawatan di rumah sakit diperlukan buat Bush, sehari setelah pemakaman istrinya. Tetapi,  itu tampaknya tidak memberi manfaat bagi tubuh, . Pada kenyataannya,  kesehatan  suami atau istri lebih sering atau bahkan sangat nyata  mempengaruhi pasangannya.

Shock yang tiba-tiba, dapat memicu serangan jantung atau sesuatu seperti itu disebut sindrom patah hati. Beberapa penelitian juga menemukan, bahwa orang lebih mungkin meninggal segera setelah kehilangan pasangan lama.

Tetapi seringkali waktunya hanya kebetulan, dan spekulasi “patah hati” hanya menjadi narasi yang rapi, ketika masalahnya tidak mengejutkan pada orang yang lebih tua dengan masalah kesehatan yang mendasar.

Dalam kasus apapun, kematian orang yang dicintai adalah waktu yang berbahaya bagi pasangan yang masih hidup, kata Dr Nieca Goldberg, seorang ahli jantung di NYU Langone Medical Center dan juru bicara American Heart Association.

“Sangat penting untuk memiliki banyak dukungan lain di sekitar Anda,” katanya.

“Ketika orang depresi setelah hal seperti ini terjadi, mereka mungkin tidak makan, mereka mungkin mengabaikan gejala dan ingin menjadi tabah. Mereka pasti menekankan dan mungkin tidak cukup istirahat. Semua hal ini dapat membawa pada kondisi yang mengancam jiwa. ”

Bush, yang akan berubah 94 pada Juni, telah dirawat di rumah sakit sejak Minggu dengan infeksi yang menyebar ke darahnya.

Stres melemahkan sistem kekebalan dan dapat membuat infeksi lebih sulit untuk ditangkis, kata beberapa dokter tidak terlibat dalam perawatannya.

Mungkin dia mengabaikan tanda-tanda awal infeksi, selama kesibukan persiapan untuk pemakaman Barbara Bush, kata James Giordano, seorang ahli saraf Georgetown University dan ahli tentang efek stres pada tubuh.

“Itu bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti itu; Ketiadaan perhatian menyebabkan eskalasi tanda dan gejala, ”katanya. “Dia sudah tua, tidak ada cara yang bagus untuk membuatnya,” jadi masalah medis dan risiko diperbesar oleh stres.

Stres memiliki tiga tahap, kata Giordano: alarm, ketika tubuh melepaskan “melawan atau terbang” bahan kimia yang dapat merusak; tahap perlawanan, seperti “memanggil semua pasukan” untuk mengatasi stres; dan kemudian kelelahan atau tahap kemunduran, ketika beberapa pertahanan tubuh mungkin jatuh dari ketegangan.

Bahkan jika kematian pasangan diantisipasi – seperti yang dilakukan Barbara Bush setelah dia memutuskan untuk fokus pada perawatan yang nyaman – “menghadapi dan melewati realitas peristiwa” itu membuat stres, katanya.

Stres dan patah hati kadang-kadang bisa terlalu disalahkan, ketika orang-orang berduka.

Bintang musik Country Johnny Cash meninggal empat bulan setelah istrinya, June Carter Cash, pada tahun 2003. Dia berusia 73 tahun dan meninggal karena komplikasi setelah operasi katup jantung. Dia berusia 71 tahun ketika dia meninggal karena masalah yang berkaitan dengan diabetes dan memiliki penyakit saraf selama bertahun-tahun sebelum itu.

“Patah hati” secara luas berspekulasi ketika Debbie Reynolds meninggal sehari setelah aktris-putrinya, Carrie Fisher, melakukan pada tahun 2016. Sebuah otopsi kemudian menunjukkan bahwa Reynolds, 84, meninggal karena pembuluh darah yang pecah dan menyebabkan pendarahan di otaknya – sebuah jenis stroke. Dia juga memiliki tekanan darah tinggi dan masalah medis lainnya selama beberapa tahun sebelum itu.

Bush sedang ‘memulihkan’

Mantan Presiden George H.W. Bush “merespons dan memulihkan” perawatan di rumah sakit Houston pada Selasa, karena infeksi yang telah menyebar ke darahnya, menurut seorang juru bicara keluarga.

Bush memiliki  penyakit Parkinson bersama dengan riwayat pneumonia dan infeksi lainnya. Dia sedang dirawat di Rumah Sakit Houston Methodist.

Sumber: Associated Press

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *