Pasar Modal Kuat, Ekonomi lndonesia Hebat

 Pasar Modal Kuat, Ekonomi lndonesia Hebat

Oleh: AMI PRAMITASARI

SEJUMLAH perusahaan publik dan manajer investasi di Bursa Efek indonesia (BEl), Jakarta, yang berkinerja tinggi dan memiliki prospek bisnis yang baik, mendapatkan penghargaan Top Capital Market 2017. Acara puncak penghargaan tersebut berlangsung dalam Gala Dinner TOP Capital Market 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (10/11/2017). .

Penghargaan itu diberikan oleh Majalah BusinessNews Indonesia, yang bekerja sama dengan Asia Business Research Center (ABRC), sejumlah lembaga/ asosiasi bisnis dan pasar modal. Diantara lembaga tersebut adalah lnfoVesta, IFLC (investment and Financial Learning Center), Melani K Harriman & Asoociate, KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), liCG (The indonesian institute for Corporate Governance), SDP (PT Sinergi Daya Primal Konsultan GCG), dan SGi. Management (Konsultan Manajemen dan Bisnis).

Ketua Dewan Juri Top Capital Market 2017, Erry Firmansyah, menjelaskan  award tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada emiten dan pelaku pasar modal yang dinilai memiliki kinerja yang tinggi, dan memiliki reputasi perusahaan yang baik.

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan Top Capital Market 2017 ini adalah membangun kepercayaan masyarakat dan citra positif emiten maupun pelaku pasar modal di indonesia. Juga, untuk mendorong peningkatan kinerja dan layanan emiten dan pelaku pasar modal,”

Erry menambahkan, semua perusahaan emiten dan Manajer Investasi di Bursa Efek Indonesia, diikutkan dalam penilaian. Metode penilaian dalam TOP Capital Market 2017 ditetapkan untuk masing-masing kategori.  Ada beberapa kategori untuk dipilih di antaranya:  TOP Corporate ReputationTOP EmitenTOP Saham, TOP Manajer Investasi,  dan TOP Reksadana. Untuk TOP Reksadana sendiri dibagi menjadi emoat sub kategori, yakni Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Saham, Reksadana Campuran, dan Reksadana Pasar Uang.

Ketua Penyelenggara Top Capital Market 2017, M. Lutfi Handayani, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut memang dirancang untuk punya kekhususan dan perbedaan dibandingkan penghargaan sejenis yang sudah ada.

Menurutnuya ada perbedaan TOP Capital Market dengan award lainnya, diantaranya adalah: (1) TOP Capital Market menggunakan gabungan metode penilaian sekaligus, yakni Analisa Kinerja, Rekomendasi Customer, sekaligus Corporate Reputation Research penilaian Publik dan Investor; semmentara award lain, umumnya hanya menggunakan salah satu metode saja; (2)  Penilaian Corporate reputation, bersifat obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Setiap peserta/ pemenang, berkesempatan memperoleh hasil Analisa Corporate Reputation Research, setebal 3; 100 halaman, sedangkan award lain, jarang yang dapat memberikan hasil Analisa Riset kepada peserta] pemenang.(3)  Penilaian kinerja fundamental keuangan, selain menilai past performance juga sekaligus menilai proyeksi bisnis perusahaan, sedangkan award lain, cenderung menilai past performance. .

“Hari-hari menjelang acara puncak Top Capital Market 2017 ini digelar, indeks Harga Saham Gabungan (lHSG) di BEI, berhasil mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah. Yakni, mencapai angka 6000-an. ”Di saat pertumbuhan ekonomi nasional ada di 5%-an, sudah tentu lHSG yang masuk ke rekor baru itu, menjadi penyokong cukup baik bagi perekonomian nasional,” kata Lutfi menambahkan.

“Dewan Juri Top Capital Market 2017 sudah tentu mengharapkan agar kontribusi pasar modal ke perekonomian bangsa kita, semakin naik di tahun 2017 ini dan seterusnya,” ujar Lutfi.***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *