Pariwisata Jabar Bersolek Sambut Asian Games 2018

 Pariwisata Jabar Bersolek Sambut Asian Games 2018
Objek wisata Pantai Santolo Garut.

GELARAN akbar Asian Games 2018 sudah dekat. Ribuan orang dari berbagai negara di Asia akan hadir di event ini. Bagi sektor pariwisata, hadirnya ribuan orang dari berbagai negara ini merupkan prospek bagus. Untuk itu, sektor pariwisata mulai berbenah. Promosi kian digencarkan, termasuk yang ada di wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Ida Hernida meyakini, Asian Games 2018 bakal mendongkrak sektor pariwisata, termasuk di Jawa Barat. Pasalnya, ada sejumlah cabanag olahraga di ajang ini digelar di Bumi Parahiyangan. “Saya kira akan ada dampak pariwisata, karena di Ciletuh, Sukabumi akan digunakkan untuk Cabor surfing, dan BMX di Ciamis. Kepariwisataan kita harapkan ada multiple effect dari Asian Games 2018,” papar Ida Hernida, Selasa (15/5) lalu.

Menurut Ida, secara umum Provinsi Jawa Barat siap membantu dan menyukseskan Asian Games 2018. Pihaknya juga sudah dua kali menggelar Rapat Koordinasi II Pemasaran Pariwisata Jawa Barat. “Dalam kegiatan rakor, semua Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Pemprov Jabar dan kabupaten atau kota yang terkait dengan persoalan pemasaran pariwisata turut hadir. Selain itu, hadir pula perwakilan dari perguruan tinggi, dewan kebudayaan, dan undangan lain yang berkaitan dengan pemasaran pariwisata,” katanya.

Pantai Ciletuh, diburu para surfer.

Ida menambahkan, OPD yang terkait langsung dengan objek wisata, harus meningkatkan promosi destinasi. Baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan kota. Selain itu, juga dibahas persoalan customer direct marketing dengan tema pemasaran tentang adventure yang disesuaikan dengan perkembangan ekonomi digital.

Dengan Asian Games yang juga dilaksanakan di wilayah Jabar, Ida optimistis target wisatawan yang datang ke Jawa Barat pada 2018 tercapai. “Target wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Jawa Barat sebanyak 1.750.000 kunjungan, dan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 58.000.000 kunjungan,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, beragam potensi wisata yang dimiliki Jawa Barat, serta jarak yang tidak jauh dengan Jakarta, merupakan satu kelebihan yang dimiliki Jawa Barat.  Wisatawan tidak perlu menempuh waktu perjalanan lama untuk bisa menikmati suguhan alam, budaya dan kuliner yang begitu mempesona, sekaligus menggoda. “Pesta olahraga internasional ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena ribuan peserta luar negeri akan hadir. Jadi potensi pariwisata di Jawa Barat harus dijual pada peserta pesta olahraga yang diikuti 45 negara ini,”  tambah Menpar Arief Yahya.

Jawa Barat memang dikenal dengan alam dan budaya serta kulinernya yang menggoda. Di Bandung misalnya. Semua orang yang menginjakkan kaki di Bandung pasti akan langsung dibuat “melayang” dengan kenikmatan aneka kulinernya.  Bila ingin melihat pemandangan luar biasa, bisa datang ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang baru saja resmi menyandang status UNESCO Global Geopark (UGG).  Pantai lain tak kalah menarik di Jabar, yakni Pantai Pangandaran, Pantai Sayangheulang di Garut, Pantai Tirtamaya di Indramayu, dan Pantai Santolo di Garut Selatan. ***

Pantai Pangandaran.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *